Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Dasar

Raehanah Raehanah, Rizki Apriani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Dasar 1 di jurusan PGMI FTK UIN Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-post Facto atau assosiatif kausal yaitu hubungan sebab-akibat. Variabel yang digunakan yaitu kecerdasan logis-matematis sebagai variabel bebas, dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 221 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dengan mengambil secara acak 5 mahasiswa dalam setiap kelas, sehingga berjumlah 35 orang, Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh  besar signifikansinya adalah 0,007 < 0.05, dan R2 = 20,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya ada pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar mahasiswa Pada mata kuliah Matematika Dasar 1 di jurusan PGMI FTK UIN Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018.  Besarnya nilai determinan R2 menunjukkan 20,2 % kecerdasan logis matematis mempengaruhi hasil belajar Matematika Dasar dan 79,8 % dipengaruhi oleh faktor lain.

 

Keywords

Kecerdasan Logis-Matematis, Hasil Belajar, Matematika Dasar

References

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2010). Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakrta: Rineka Cipta.

Efendi, Agus. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta. 2005.

Gardner, Howard.1989. Thomas Hatch, Multiple Intelligences Go to School: Educional Implication of the Theory of Multiple Intelligences. Educational Researcher. 18(8). 1-10.

Jayandti, Anggi Dewi. (2017). Hubungan Kecerdasan Logis-matematis Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Skripsi UIN Mataram, Mataram., h.28.

Mujiani, Dwi Safitri. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar. 7(2). 199-209.

Purwanto, Ngalim. (2011) Psikologi Pendidikan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning.Jakarta :Pustaka Pelajar.

Sutikno, Sobry. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok:Holistika.

Triwinarti, Dina. Fauzi dan Monawati. (2017). Pengaruh Kecerdasan Logika Matematika Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1). 16-29.

Ula, Shomiatul. (2013). Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Yaumi, Muhammad., dan Nurdin Ibrahim. (2012). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.