Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Dasar

Authors

Raehanah Raehanah , Rizki Apriani

DOI:

10.29303/jpm.v14i3.1051

Published:

2019-09-30

Issue:

Vol. 14 No. 3 (2019): September

Keywords:

Kecerdasan Logis-Matematis, Hasil Belajar, Matematika Dasar

Articles

Downloads

How to Cite

Raehanah, R., & Apriani, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Dasar. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 112–117. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i3.1051

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Matematika Dasar 1 di jurusan PGMI FTK UIN Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian Ex-post Facto atau assosiatif kausal yaitu hubungan sebab-akibat. Variabel yang digunakan yaitu kecerdasan logis-matematis sebagai variabel bebas, dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 221 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling dengan mengambil secara acak 5 mahasiswa dalam setiap kelas, sehingga berjumlah 35 orang, Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diperolehà besar signifikansinya adalah 0,007 < 0.05, dan R2 = 20,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya ada pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar mahasiswa Pada mata kuliah Matematika Dasar 1 di jurusan PGMI FTK UIN Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. àBesarnya nilai determinan R2 menunjukkan 20,2 % kecerdasan logis matematis mempengaruhi hasil belajar Matematika Dasar dan 79,8 % dipengaruhi oleh faktor lain.

à

References

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2010). Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakrta: Rineka Cipta.

Efendi, Agus. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta. 2005.

Gardner, Howard.1989. Thomas Hatch, Multiple Intelligences Go to School: Educional Implication of the Theory of Multiple Intelligences. Educational Researcher. 18(8). 1-10.

Jayandti, Anggi Dewi. (2017). Hubungan Kecerdasan Logis-matematis Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Skripsi UIN Mataram, Mataram., h.28.

Mujiani, Dwi Safitri. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar. 7(2). 199-209.

Purwanto, Ngalim. (2011) Psikologi Pendidikan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning.Jakarta :Pustaka Pelajar.

Sutikno, Sobry. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok:Holistika.

Triwinarti, Dina. Fauzi dan Monawati. (2017). Pengaruh Kecerdasan Logika Matematika Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1). 16-29.

Ula, Shomiatul. (2013). Revolusi Belajar: Optimalisasi Kecerdasan melalui Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk.Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Yaumi, Muhammad., dan Nurdin Ibrahim. (2012). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Dian Rakyat.

Author Biographies

Raehanah Raehanah, Tadris Kimia, Universitas Islam Negeri Mataram

Rizki Apriani, Tadris Kimia, Universitas Islam Negeri Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.