Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Preparing Dong Concluding

Zulkarnain Zulkarnain, Yayuk Andayani, Saprizal Hadisaputra

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis Peserta Didik pada  pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran preparing dong concluding (PDC). Subjek dalam penelitian ini adalah 68 siswa kelas XI di SMAN 8 Mataram. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu. Tes yang terdiri dari 5 masalah digunakan untuk mengumpulkan data eksperimental. Indikator pemikiran kritis yang dipelajari terdiri dari 5 indikator: interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, dan penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model PDC mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, terutama pada indikator interpretasi dengan n-gain 0,71 pada kategori tinggi. Indikator selanjutnya evaluasi masuk dan indikator analisis dengan n-gain berturut turut 0,63 dan 0,62 dikategorikan sedang.

Keywords

Model PDC, Kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References

Ismail, S. N., Don, Y., Husin, F., & Khalid R. (2018). Instructional Leadership and Teachers’ Functional Competency across the 21st Century Learning. International Journal of Instruction, 11(3), 135-152.

Alismail, H. A., & McGuire, P. (2015). 21st Century Standards and Curriculum: Current Research and Practice. Journal of Education and Practice, 6(6), 150-154.

McPeck, J. E. (2016). Teaching critical thinking: Dialogue and dialectic. Routledge.

Hadi, S. A., Susantini, E., & Agustini, R. (2018, January). Training of students’ critical thinking skills through the implementation of a modified free inquiry model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 947, No. 1, p. 012063). IOP Publishing.

Corebima, H. S. A. D. (2017). Empowering critical thinking skills of the students having different academic ability in biology learning of Senior High School through PQ4R-TPS Strategy. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4(5), 3521-3526.

Qian, M., & Clark, K. R. (2016). Game-based Learning and 21st century skills: A review of recent research. Computers in Human Behavior, 63, 50-58.

Nurhapsari, R. (2016). Karakteristik Pengembangan Model Pembelajaran PDC (Preparation, Doing, Conclussion) untuk Pembelajaran IPA di SMP. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 4(5), 250-261.

Nurhapsari, R., Sutarto, S., & Mahardika, I. K. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran PDC (Preparing, Doing, Concluding) untuk Pembelajaran IPA. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, 1(1), 9-16.

Nurhapsari, R. (2017). The Retention of Learning Achievement in Natural Science with PDC Instructional Model (Preparing, Doing, Concluding) in Grade 8-th at Junior High School 02 of Umbulsari. Pancaran Pendidikan, 6(3).

Nurhapsari, R., Sutarto, S., & Mahardika, I. K. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran PDC (Preparing, Doing, Concluding) untuk Pembelajaran IPA. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Sains, 1(1), 9-16.

Ramandha, M. E. P., Andayani, Y., & Hadisaputra, S. (2018, October). An analysis of critical thinking skills among students studying chemistry using guided inquiry models. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2021, No. 1, p. 080007). AIP Publishing.

Handayani, R. D., Genisa, M. U., & Triyanto (2019). Empowering Physics Students’ Performance in a Group Discussion Through two Types of Peer Assessment. International Journal of Instruction, 12(1),

I. W. Suastra, K. Tika, and N. Karyasa, Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal untuk Mengembangkan Kompetensi Dasar Sains dan Nilai Kearifan Lokal Di SMP. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 258 – 273, 2011.

Suardana, I N. Pengembangan Model Praktikum Kimia Dasar Berbasis Budaya Bali untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahapeserta didik Calon Guru Kimia. Desertation. Bandung: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia, 2010.

I. N. Suardana, Liliasari and Ismunandar, Peningkatan Penguasaan Konsep Mahapeserta didik melalui Praktikum Elektrolisis Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 20(1), 45-52, 2013.

I. N. Suardana, Liliasari, Ismunandar, and O. Sumarna, Praktikum Berbasis Budaya Lokal pada Topik Asam-Basa. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1 (1), 28-35, 2011.

M. Attaran, N. Alias, and S. Siraj, Learning Culture in a Smart School: A Case Study. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 64, 417-423, 2012.

J. Yuenyong and C. Yuenyong, Connecting between culture of learning in Thai contexts and developing students’ science learning in the formal setting. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 46, 5371-5378, 2012.

N. W. K. Windayani, I. N. Suardana, and I. M. Kirna, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Budaya Lokal dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1-2), 27-35, 2013.

M. Munawar, A. Prasetyo, and R. W. Pusari, Pengembangan Model Pem-belajaran Inovatif melalui Pendekatan In House Training Berbasis Kearifan Budaya Lokal. Jurnal Penelitian PAUDIA, 2(1), 1-13, 2013,

N. P. Marheni and I. N. Suardana, Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Budaya Lokal pada Pembelajaran Sains Kimia SMP. Jurnal Wahana, 8(2), 186-198, 2014.

Irwanto, A. D. Saputro, E. Rohaeti, and A. K. Prodjosantoso, Promoting Critical Thinking and Problem Solving Skills of Preservice Elementary Teachers through Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL). International Journal of Instruction, 11(4), 777-794, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.