Pengaruh Model Brain Based Learning Berbantuan Brain Gym Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik

Kadek Essy Novalianti, Susilawati Susilawati, Jannattin ‘Ardhuha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model brain based learning berbantuan brain gym terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, pengaruh motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan interaksi antara model brain based learning berbantuan brain gym  dan motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 4 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model brain based learning berbantuan brain gym sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Data diambil menggunakan tes essay untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik dan angket untuk mengetahui motivasi belajar fisika peserta didik. Hasil tes akhir kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 61,6 dan nilai rata-rata kelas kontrol 52,4. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji anava dua jalan dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model brain based learning berbantuan brain gym terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; terdapat pengaruh motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; serta tidak terdapat interaksi antara model brain based learning berbantuan brain gym dan motivasi belajar fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

References

Diana, S., Adiesty, F., & Mafticha E. (2017). Brain Gym (Stimulasi Perkembangan Anak Paud I). Surakarta: CV Kekata Group.

Ennis, R.H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Disposition and Abilities. University of Illinois. On line at http://faculty.education.illinois.edu/rhennis/documents/TheNatureocCriticalThinking_51711_000.pdf.

Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: What It Is And Why It Counts. Insight Assessement. -: 1-28.

Fatmawati, H., Mardiyana., & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat (Penelitian Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(9).

Handriani, L.S., Harjono, A., & Doyan A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3): 2407-6902.

Hendrayana, A.S., Thaib, D., & Rosnenty, R. (2014). Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. 15 (2).

Herliandry, L.D., Harjono,. A & ‘Ardhuha, J. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X dengan Model Brain Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA). 5 (1):2460-2582.

Hidayanti, D., As’ari, A. R., & Daniel, T. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Kesebangunan. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I): 2502-6526.

Jensen, E. (2011). Pembelajaran Berbasis Otak Edisi Kedua. Jakarta Barat: Indeks.

Khuluqiyah, K., & Arief, A. (2012). Pengaruh Penerapan Zona Alfa dengan Kegiatan Brain Gym Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Alat-Alat Optik di Kleas VII SMP Islam Kerembung Sidoarjo. Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1).

Kurniasih, A.W. (2010). Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNNES dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Masrurotullaily., Hobri., & Suharto. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Keuangan Berdasarkan Model Polya Siswa SMK Negeri 6 Jember. Kadikna. 4(2).

Medyasari, L.T., Muhtarom., & Sugiyanti. (2017). Efektifitas Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Kartu Soal Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. Aksioma. 8(1).

Mufidah, L. L. N. (2014). Brain Based Learning and Teaching. Yogyakarta: Teras.

Muthmainnah, M., Rokhmat J., & ‘Ardhuha, J. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Fisika Berbasis Eksperimen Virtual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(1): 2407-6902.

Nahdi, D.S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Brain Based Learning. Jurnal Cakrawala Pendah. 1(1): 2442-7470.

Nugraha. A.J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL. Journal of Primary Education. 6(1).

Purnama, R., Ratman., dan Solfarina. (2015). Pengaruh Mind Mapping Melalui Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia di Kelas X SMA Negeri 1 Marawola. J. Akad. Kim. 4(3): 149-154.

Purwanto, S., Widyaswati, R., & Nuryati. (2009). Manfaat Senam Otak (Brain Gym) dalam Mengatasi Kecemasan dan Stres Pada Anak Sekolah. Jurnal Kesehatan. 2(1): 1979-7621.

Samudera, V.M., Rokhmat, J., & Wahyudi. (2017).Pengaruh Model Predict-Observe-Explain Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditnjau dari Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(1).

Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.

Saragih, E.A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Siswa Kelas X SMA YPPK Yos Sudarso Merauke. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia. 4(1).

Sariana, N., Afiif, A & Kusyairy U. (2017). Pengaruh Penerapan Brain Gym Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. 5(2).

Sudarmini, Y., Kosim ., & Hadiwijaya, A.S. (2014). Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Menggunakan LKS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah. Jurnal Ilmu Pendidikan. 21(3).

Ulya, I.F., Irawati. R., & Maulana. (2016). Peningkatan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1).

Yeritia, S., Wahyudi., & Rahayu, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X Sman 1 Kuripan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurrnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(2): 2407-6902.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.