Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Dalam Pembelajaran Biologi Umum

Moh. Liwa Ilhamdi, I Gde Mertha

Abstract

Tujuan penelitian  untuk menerapkan  model Pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dalam meningkatkan hasil belajar Biologi Umum calon guru program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unram 2019-2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar dari 35 orang mahasiswa pada siklus 1 nilai rata-ratanya 63,7.  jumlah  tuntas 27 mahasiswa (77%), tidak tuntas 8 orang (23%). Siklus ke-2 jumlah mahasiswa yang tuntas 30 orang (85,7%) dan yang tidak tuntas 5 orang (14,3%) dengan nilai rata-rata 72. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran tipe investigasi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar biologi umum calon guru matematika di program studi pendidikan matematika FKIP Unram 2019-2020.

Keywords

Investigasi kelompok, hasil belajar, biologi umum

Full Text:

PDF

References

Safitri, N. L. (2019). Analisis Peningkatan Partisipasi Aktif Mahasiswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Kancing Warna Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Education and Human Development Journal, 4(1), 1-10.

Ali, M., & Setiani, D. D. (2019). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada konsep jamur. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 59-63.

Indriwati, S. E., Susilo, H., & Anggrella, D. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Lesson Study Pada Matakuliah Keanekaragaman Hewan Untuk Meningkatkan Kecakapan Komunikasi Dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 38-46.

Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Buku Ajar Berbantuan Model Pembelajaran Everyone is A Teacher Here: Upaya Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Calon Guru Biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(2), 47-51.

Anonim. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sagala, H. Syaiful. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : ALFABETA.

Jufri, W., & Dj, D. S. (2010). Efektivitas pembelajaran sains berbasis inkuiri dengan strategi kooperatif dalam meningkatkan keterampilan berpikir siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 17(2), 159-165.

Arizona, K., Harjono, A., & Jufri, A. W. (2013). Pengaruh Implementasi Media Tiga Dimensi Kemagnetan Berbasis Inkuiri (MTDKBI) melalui Strategi Kooperatif terhadap Kecakapan Sosial. ERUDIO (Journal of Educational Innovation), 1(2).

Gayatri, I. G. A. S., Jekti, D. S. D., & Jufri, A. W. (2013). Efektifitas pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan strategi kooperatif terhadap kemampuan menyelesaikan masalah dan hasil belajar kognitif biologi ditinjau dari kemampuan akademik awal siswa kelas X SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 8(2).

Fahruddin, F., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Mahasiswa. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(2), 41-48.

Harjono, A., Jufri, W., & Arizona, K. (2017). Implementasi Media Tiga Dimensi Kemagnetan Berbasis Inkuiri Melalui Strategi Kooperatif Terhadap Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 15-23.

Jufri, W. (2014). Peranan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri dengan Strategi Kooperatif terhadap Perkembangan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1).

Listiana, L. (2013, July). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Biologi melalui Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dan TTW (Think, Talk, Write). In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 10, No. 1).

Suartika, K., Arnyana, I. B., & Setiawan, G. A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Kholina, N., Pribadi, T. A., & Ridlo, S. (2013). Penerapan Investigasi Kelompok Berbantuan Multimedia Materi Identifikasi Bakteri. Journal of Biology Education, 2(1).

Litasari, K. N., Setiati, N., & Herlina, L. (2014). Profil pembelajaran biologi berbasis laboratorium dan implikasinya terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri se-Kabupaten Semarang. Journal of Biology Education, 3(2).

Mujisuciningtyas, N. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Sarana Prasarana Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Praktik Di SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 103-115.

Ramdani, S. D., Maulani, I., & Fawaid, M. (2019). Peran Sarana Pembelajaran dalam Mendukung Kemampuan Keterampilan Siswa SMK Program Keahlian Teknik Pemesinan Serang. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 4(2), 150-157.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.

Rohwati, M. (2012). Penggunaan education game untuk meningkatkan hasil belajar IPA biologi konsep klasifikasi makhluk hidup. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).

Setiawan, I. G. A. N., & Nyoman, G. A. (2008). Penerapan pengajaran kontekstual berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas x2 sma laboratorium singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 42-59.

Mertha, I. G., Al Idrus, A., Ilhamdi, M. L., Artayasa, I. P., & Merta, I. W. (2014). Monitoring Dan Evaluasi Proses Perkuliahan Di Progra Studi Pendidikan Biologi Fkip Universitas Mataram Pada Semester Genap Tahun Akademik 2013/2014. Jurnal Pijar Mipa, 9(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.