Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tentang Bakteri

Nurhidayanti Nurhidayanti, Syachruddin AR Syachruddin AR, Kusmiyati Kusmiyati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dan faktor-faktor penyebab kesulitan dalam pembelajaran tentang bakteri pada kelas X SMA Muhammadiyah Mataram. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Mataram. Tehnik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan tes objektif dan kuesioner. Hasil analisis kesulitan belajar memperoleh 1 siswa pada kategori sangat sulit, 4 siswa pada kategori sulit, 7 siswa pada kategori cukup sulit, 1 siswa kategori kurang sulit, dan 1 siswa pada kategori tidak sulit dengan rata-rata pada kategori cukup sulit. Hasil analisis faktor penyebab kesulitan belajar siswa diperoleh faktor internal pada kategori tidak sulit sedangkan faktor ekternal  pada kategori kurang sulit. Hasil analisis kategori dengan indikator penyebab kesulitan belajar pada faktor internal diperoleh motivasi belajar tidak sulit, minat belajar kurang sulit dan perhatian belajar sulit. Faktor eksternal diperoleh sumber belajar tidak sulit, metode/strategi mengajar guru kurang sulit dan kondisi belajar kurang sulit. Oleh karena itu, faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran tentang bakteri disebabkan oleh kondisi belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran tentang bakteri di kelas X SMA Muhammadiyah Mataram dikategorikan cukup sulit sedangkan faktor penyebab kesulitan belajar didominasi oleh faktor eksternal yang meliputi kondisi belajar.

Keywords

kesulitan belajar, materi bakteri

Full Text:

PDF

References

Syaiful, Sagala. 2006. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet, Cet.6

Munandar, S.C.U. 2009. kreativitas dan keberadaan; strategi mewujudkan potensi kreatif dan bakat. Jakarta: PT. Gramedia pustaka.

Dimyati dan mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta.

Djamarah, S. B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Idris, R. 2009. Mengatasi kesulitan belajar dengan pendekatan psikologi kognitif. (online)http://ejurnal.uinaulauddin.ac.id/artikel/03%20Mengatasi%20kesulitan20Belajar%20-%20Ridwan%20Idris.pdf. Diaskes tanggal 12 November 2019.

Umiyati, D dan Susilo, M. J. “Perbandingan faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar antara Siswa Kelas X.6 dengan Kelas X.7 pada Mata Pelajaran Biologi Materi Virus (Study Kasus di SMAN 1 Sukagumiwang - Indramayu)”, JUPEMASI P.BIO Vol.1, No.1, 2014.

Ahmadi, Abu dan Widodo, S. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Okxy, I. 2015. Analisis Deskriptif Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Chassis Dan Pemindah Daya Siswa Kelas Xi Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 15, No. 2.

Ahmadi, Abu dan Widodo, S. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2009. Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Hadiningsih, S.U. 2008. Pengelolah kelas yang efektif dalam pembelajaran Qur’an dan hadist di Madrasah tsanawisyah Negeri prambanan Sleman.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.