PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SDN 13 AMPENAN

Authors

Muhammad Ishak , Dwi Soelistya Dyah Jekti , Nyoman Sridana

DOI:

10.29303/jpm.v12i1.326

Published:

2017-03-07

Issue:

Vol. 12 No. 1 (2017): Maret

Articles

Downloads

How to Cite

Ishak, M., Dyah Jekti, D. S., & Sridana, N. (2017). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SDN 13 AMPENAN. Jurnal Pijar Mipa, 12(1). https://doi.org/10.29303/jpm.v12i1.326

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik SDN 13 Ampenan. Jenis penelitian adalah quassi ekperiment dengan disain Pretes-Posttes Non Equivalen Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 13 Ampenan kemudian sampelnya dipilih kelas VC sebagai kelas eksperimen dan kelas VD sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dalam bentuk soal uraian. Data dianalisis menggunakan anakova. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran discovery dan kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan saintifik menggunakan model pembelajaran discovery lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Author Biographies

Muhammad Ishak, PUSLITBANGDA Kwartir Daerah Nusa Tenggara Barat

Dwi Soelistya Dyah Jekti, Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Mataram

Nyoman Sridana, Program Studi Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).