PENGEMBANGAN MODUL FISIKA MATERI OPTIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS FENOMENA ALAM UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SMA

Muhammad Auliya, Kosim Kosim

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah pengembangan modul fisika materi optik, mengetahui kelayakan modul fisika materi optik, dan mengetahui efektifitas penggunaan modul fisika materi optik dengan pendekatan saintifik berbasis fenomena alam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi dari model 4-D. Produk awal dikembangkan melalui suatu uji validasi oleh tiga ahli yang hasilnya kemudian diuji coba skala terbatas, direvisi dan diuji skala luas sehingga pada akhirnya ditemukan suatu produk akhir yang layak digunakan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Bima dengan menggunakan 10 siswa kelas X1 sebagai sampel uji coba terbatas dan seluruh siswa kelas X2 sebagai subyek penelitian dan dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil uji kelayakan modul oleh dosen ahli diperoleh rata-rata 90,75% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji lapagan diperoleh tanggapan siswa 89,53% dan tanggapan guru 90% serta observasi saintifik siswa oleh pengamat sebesar 90,76% dengan tingkat ketuntasan klasikal siswa 100% dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,50, sehingga modul fisika materi optik berbasis fenomena alam dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan memenuhi kriteria standar penilaian bahan ajar dan efektif digunakan dalam pembelajaran siswa kelas X SMA Negeri 4 Kota Bima.

 

Kata Kunci: Modul Fisika Materi Optik, Pendekatan Saintifik, Efektivitas Belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v12i2.344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed By

 

Creative Commons License

Jurnal Pijar MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.