Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Number Head Together Terhadap Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Soesilowaty Halim, Didimus Tanah Boleng, PM Labulan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dan number head together terhadap aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental design). Adapun desain yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMA Negeri 3 Samarinda yang berjumlah 286 siswa, dengan sampel yang terdiri dari 3 kelas yakni X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 (dengan model discovery learning DL), kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 (dengan model number head together NHT) dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas control (dengan model konvensional). Instrument dalam penelitian ini berupa lembar observasi, angket dan soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran DL terhadap Aktivitas Belajar siswa kelas X SMAN 3 Samarinda. Pengaruh Model DL bersifat positif terhadap tingginya aktivitas belajar siswa. (2) Ada pengaruh model Pembelajaran NHT terhadap aktivitas belajar siswa kelas X SMAN 3 Samarinda. Model NHT berpengaruh positif terhadap aktivtas belajar siswa. (3) Ada pengaruh model pembelajaran DL terhadap Motivasi Belajar siswa kelas X SMAN 3 Samarinda. Pengaruh Model DL bersifat positif terhadap tingginya motivasi belajar siswa. (4) Ada pengaruh model Pembelajaran NHT terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMAN 3 Samarinda. Model NHT berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. (5) Ada pengaruh model pembelajaran DL terhadap Hasil Belajar siswa kelas X SMAN 3 Samarinda. Pengaruh Model DL bersifat positif terhadap nilai hasil belajar siswa. (6) Ada pengaruh model Pembelajaran NHT terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 3 Samarinda. Model NHT berpengaruh positif terhadap nilai hasil belajar siswa.

Keywords

discovery learning, number head together; aktivitas; motivasi; hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta. Kencana.

Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta. Ar-Ruzz Media.

Raksun, A. (2009). Implementasi Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram Pada mata kuliah Biologi Dasar. Jurnal pijar MIPA, 4(1).

Ishak, M., Jekti, D. S. D., & Sridana, N. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Dan Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SDN 13 Ampenan. Jurnal Pijar Mipa, 12(1).

Andayani, Y., Hadisaputra, S., & Hasnawati, H. (2018, September). Analysis of the Level of Conceptual Understanding. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1095, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.

Zakrah, Z., Lestari, N., & Kusmiyati, K. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2014/2015. Jurnal pijar MIPA, 10(2).

Ramandha, M. E. P., Andayani, Y., & Hadisaputra, S. (2018, October). An analysis of critical thinking skills among students studying chemistry using guided inquiry models. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2021, No. 1, p. 080007). AIP Publishing.

Bayuaji, P., Hikmawati, H., & Rahayu, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (Sfae) Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 12(1).

Azizah, N. (2016). Pengembangan Lks Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).

Susanto, J. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD. Journal of Primary Education, 1(2).

Mulyana, M. A., Hanifah, N., & Jayadinata, A. K. (2016). Penerapan model kooperatif tipe numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kenampakan alam dan sosial budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 331-340.

Daud, F., & Fausan, M. M. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Konsep Ekosistem bagi Siswa Kelas VII. A, SMPN 5 Takalar. CHEMICA, 12(1), 40-46.

Hasanah, M. (2015). Perbedaan hasil belajar ipa biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dengan think pair share (TPS) pada siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Biota, 8(2), 211-225.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung. CV. Alfabeta.

Ling. Jonathan, dkk. 2012. Psikologi Kognitif. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Utomo, D. H. (2016, November). Brain Based Learning: Effects Model A-Car In Critical Thinking Skills. In lst International Cohference on Geography and Education (ICGE 2016). Atlantis Press.

Retnowati, D. R., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2016). Prestasi akademik dan motivasi berprestasi mahasiswa S1 pendidikan geografi universitas negeri malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 521-525.

Klein, S. B.,1982. “Achievement Motivation” dalam Motivation Bioscial Approachches. New York: Mc Graw-Hill Book Company.

Jensen, Eric. 2011. Pemelajaran Berbasis Otak. Jakarta: Indeks

Lutfiyah, Z., Utaya, S., & Susilo, S. (2016). Hubungan antara Minat Menjadi Guru dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Geografi, 21(2).

Hosnan M. Dr. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual. Jakarta . Ghalia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.