PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR BERBASIS LESSON STUDY DI PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN IPA UNIVERSITAS MATARAM

Gito Hadiprayitno, Baiq Niswatul Khair

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktik pembelajaran dengan menggunakan prinsip lesson study yang melibatkan 6 orang mahasiswa program magister pendidikan IPA Universitas Mataram. Praktik pembelajaran dengan pola lesson study ini dilakukan di SMP 4 Lingsar selama 2 bulan (Oktober-November 2016). Setiap mahasiswa berkesempatan untuk berperan sebagai guru model selama 2 kali, dan 10 kali pertemuan lainnya bertindak sebagai observer. Langkah-langkah lesson study berupa tahap plan, do, see dilakukan dalam 2 seting yang berbeda, sebagian besar tahap plan dilaksanakan di kampus sedangkan tahap do dan see dilaksanakan di sekolah. Adapun temuan dari penelitian ini antara lain (1) proses belajar pembelajaran dengan pola lesson study ini secara umum dinilai menarik bagi siswa, meskipun masih ada beberapa siswa yang kurang serius dan kurang disiplin seperti berbicara, bercanda, atau mengganggu teman lainnya saat pembelajaran berlangsung, (2) perlu adanya persiapan yang lebih matang dari tim, khususnya guru model sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan, (3) perlu upaya yang lebih optimal untuk meningkatkan kemampuan guru dalam manajemen kelas, (4) terdapat beberapa masalah teknis di luar kendali atau faktor guru, yakni kurangnya dukungan daya listrik, bel tanda akhir pembelajaran berbunyi sebelum waktunya, dan rombongan belajar yang terlalu besar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.