Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Pada Penerapan Model Pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) dan Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) di Madrasah Aliyah

Widyastuti Widyastuti, Mahrus Mahrus, Nur Lestari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa Kelas X pada penerapan model pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) den model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) di MA Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X MA Al-Aziziyah Putri Gunungsari. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive  sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif sebanyak 25 butir soal pilihaan ganda dan 5 butir soal essay, sedangkan untuk mengukur hasil belajar afektif dan psikomotorik digunakan lembar penilaian afektif dan psikomotorik.  Data hasil tes belajar biologi dianalisis menggunakan uji-t separated varians pada taraf kepercayaan 95% dengan bantuan SPSS 17.0 for Windows sehingga diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < α = 0,05. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW dengan model pembelajaran SQ4R di MA Al-Aziziyah Putri Kapek Gunungsari Tahun Ajaran 2017/2018.

 

Keywords

Model Pembelajaran TTW; Model Pembelajaran SQ4R; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Hamdani. 2011. Dasar-Dasar Pendidikan . Bandung : Pustaka Setia.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003,Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Widoyoko, Eko Putra. 2010. Evaluasi Program Pembelajaran.. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Purwanta, I Made Agus. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii B Smp N 3 Susut Pada Pokok Bahasan Ekosistem Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Denpasar : Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Basri, Hasan. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri Simpang Kosgoro Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Lubuk Linggau : STKIP-PGRI Lubuk Linggau.

Kusumaningrum, Diah. 2016. Pengaruh Model Pembelajran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pokok Fungsi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wonodadi. Skripsi. Kediri : Ubiversitas Nusantara

Prasetyani, Ulfi Dwi. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran SQ4R (Survey,Question, Read, Reflect, Recite,Review) Melalui Pendekatan Talking Stick Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas Viii Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Di Smp Negeri 31 Semarang. Skripsi. Semarang : Universitas negri Semarang.

Rahayu, Putu Indah. 2014. Model Pembelajaran SQ4R Berbasis Keterampilan Proses Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu. Skripsi. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Nanda, Rizky. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite,Review) Pada Pelajaran Ips Sejarah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Smp Empu Tantular Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Semarang : Universitas negri Semarang.

Herliani. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA 8 Samarinda. Skripsi. Samarinda : Universitas Mulawarman.

Rojiah, Neng Siti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Think, Talk, Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Metakognisis Siswa SMP. e-Journal Universitas Pasuruan FKIP, Vol. 4, No. 2, hal 213-222, Mei 2016.

Rahayu, Putu Indah. 2014. Model Pembelajaran SQ4R Berbasis Keterampilan Proses Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Letkol Wisnu. Skripsi. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.

Ginting, Ifan Rose. 2017. Pengaruh Penerapan Model SQ4R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di SDN 060938Medan Johar Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Medan : UNIMED.

Mertinah, Iin. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Labuklinggau Tahun Ajaran 2017/2018. e-Journal Program Pascasarjana Sekolah Tinggi keguruan Labukliung (Volume 4 Tahun 2018).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.