Perbedaan Hasil Belajar IPA Biologi Menggunakan Model Reciprocal Learning dan Problem Based Learning

Febrina Amaliya Rha’ifa, Khairuddin Khairuddin, I Wayan Merta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Biologi antara siswa yang belajar menggunakan model Reciprocal Learning (RL) dan siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di kelas VII SMP Negeri 20 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest non-control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 20 Mataram. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah objective test. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t polled varians dengan taraf signifikansi 5%. Data yang diuji dengan uji-t tersebut adalah data gain score. Hasil uji-t untuk data hasil belajar kognitif didapatkan bahwa thitung > ttabel yakni 2,15 > 2.02. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model Reciprocal Learning (RL) dan Problem Based Learning (PBL) di SMP Negeri 20 Mataram tahun ajaran 2016/2017.

Full Text:

PDF

References

. Sudarwan, D. 2011. Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta

. Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Edisi ke-5. Bandung: Alfabeta.

. Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

. Efendi, N. (2013). Pengaruh pembelajaran reciprocal teaching dipadukan think pair share terhadap peningkatan kemampuan metakognitif belajar biologi siswa SMA berkemampuan akademik berbeda di kabupaten sidoarjo. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 3(2), 85-109.

. Rinjani, D. M., Raksun, A., & Artayasa, I. P. (2010). Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas X Di SMAN 4 Mataram Tahun Ajaran 2008/2009. Jurnal Pijar Mipa, 5(1).

. Mulyono, D., Asmawi, M., & Nuriah, T. (2018). The Effect of Reciprocal Teaching, Student Facilitator and Explaining and Learning Independence on Mathematical Learning Results by Controlling the Initial Ability of Students. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 199-205.

. Ibrahim. 2007. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

. Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

. Hadi, A.N. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Base Learning (PBL) terhadap Ketrampilan Metakognitif dan pemahaman konsep siswa klas X di SMA Negeri 8 Malang pada kemampuan Akademik Berbeda. Jurnal Inkuiri. 1, 2 (2012).

. Gayatri, I. G. A. S., Jekti, D. S. D., & Jufri, A. W. (2013). Efektifitas pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan strategi kooperatif terhadap kemampuan menyelesaikan masalah dan hasil belajar kognitif biologi ditinjau dari kemampuan akademik awal siswa kelas X SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 8(2).

. Muhiddin, P. 2012. Pengaruh Integrasi PBL dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Kemampuan Akademik terhadap Metakognisi, Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep, dan Retensi Mahasiswa pada Perkuliahan Biologi Dasar di FMIPA Universitas Negeri Makassar. Jurnal Penelitian Pendidikan InsaniI. Vol. 13.

. Laksmiwati, D., Hadisaputra, S., & Siahaan, J. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA. Chemistry Education Practice, 1(2), 36-41.

. Suharlik, 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran Integrasi TPS dan RT terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Retensi Biologi Siswa Berkemampuan Akademik Berbeda di SMAN 1 Batu. E-Journal Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Vol. 12.

. Afandi, Sugiyarto, Sunarno, W. 2012. Pembelajaran Biologi Melalui Model Reciprocal Learning dan Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Belajar dan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Inkuiri. Vol. 1 No. 2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.