Analisis Tingkat Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Fluida Statis Melalui Model Pembelajaran Problem Solving

I Wayan Gunada, Yona Roswiani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah (KPM) peserta didik pada materi fluida statis. Kemampuan pemecahan masalah ini diujikan pada pokok bahasan  tekanan hidrostatis, hukum Pascal, hukum Archimedes, dan viskositas. Subjek penelitian ini sebanyak 35 siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 2 Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pertemuan pertama skor rata-rata KPM pada materi tekanan hidrostatis sebesar 70 (kategori sedang), pertemuan kedua skor rata –rata KPM pada materi hukum Pascal sebesar 71,43 (kategori sedang), pertemuan ketiga skor rata-rata KPM pada materi hukum Archimedes sebesar 75,14 (kategori tinggi), dan pertemuan keempat skor rata –rata KPM pada materi viskositas sebesar 80,57(kategori tinggi). Secara umum adanya peningkatan KPM yang ditunjukan oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dengan model problem solving. Ditinjau dari indikator kemampuan pemecahan masalah (KPM), ternyata indikator memahami masalah (IPM-1)memperoleh skor rata-rata 78.57, menyusun rencana (IPM-2) memperoleh skor rata-rata76,77, melaksanakan rencana ( IPM-3) memperoleh skor rata-rata 79,04, dan indikator mengecek kembali hasil pekerjaan(IPM-04) memperoleh skor rata-rata sebesar 58,57

Keywords

pemecahan masalah; fluida statis

Full Text:

PDF

References

Makrufi, A., Hidayat, A., Muhardjito., Sriwati, E. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Fluida Dinamis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2016. Peran Pendidikan, Sains, dan Teknologi dalam Membangun Intelektual Bangsa dan Menjaga Budaya Nasional di Era MEA.(online) (https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3604/2799) diakses 16 Oktober 2018.

Wena, M. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Rokhmat, J. 2017. Fisika Dasar Pendekatan Berpikir Kausalistik.Mataram: Arga Puji Press.

Purnamasari, I., Yuliati, L., Diantoro. M. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Materi Fluida Statis . Prosiding Seminar Nasional Pasca Sarjana UM. (Online) (http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ipa2017/article/download/1054/724) diakses 16 Oktober 2018.

Aini, N N., Kusairi, S., Diantoro, M. 2017. Penguasaan Konsep Fluida Statis Dalam Pembelajaran Kolaboratif Dengan Penilaian Formatif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10):1377-1387.

Suparno, P. 2013. Miskonsepsi Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hutabarak, G.D. & Sahyar. 2013. Efek Model Pembelajaran Problem Solving dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2) :65-72.

Warimun, E.S. 2012. Penerapan Problem Solving Fisika Pada Pembelajaran Topik Optika Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika.Jurnal Excata, 10 (2) :111-114.

Selcuk, G. S., Caliskan, S., and Erol, M. 2008. The Effect Of Problem Solving Instruction on Physics Achiement, Problem Solving Performance and Strategiy Use. American Journal Of Physics Education, 2(3): 151-165.

Sijabat A, Motlan, Derlina. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Pemahaman Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2). 87-91.

Rahono, D., Sunarno,W., Cari. 2014. Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Problem Solving Melalui Metode Demonstrasi dan Eksperimen untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Inkuiri, 3 (3):75-85.

Fadillah,S. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA FakultasMIPA Universitas Negeri Yogyakarta 16 Mei 2009(online) (https://eprints.uny.ac.id/12317/1/M_Pend_35_Syarifah.pdf ) diakses 11 Desember 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.