Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama

Laila Hayati, Mulyani Mulyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX-H SMPN 5 Mataram materi pokok persamaan dan fungsi kuadrat dengan pendekatan saintifik tahun ajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, menggunakan model Kemmis & Taggart yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus 1 terdiri dari 3 kali pertemuan, dan siklus 2 terdiri dari 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa, siklus 1 berkategori aktif, dan siklus 2 berkategori sangat aktif. Nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis pada siklus 1 adalah 68,05 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 26,32 % dan pada siklus 2 adalah 71,38 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 52,63%. Ketuntasan belajar klasikal belum memenuhi indikator kinerja, karena kurang dari 85% siswa yang memperoleh nilai ≥70 disetiap akhir siklus.

Keywords

Kemampuan komunikasi matematis; pendekatan saintifik; Persamaan dan Fungsi Kuadrat

Full Text:

PDF

References

Larson, R. & Hodgkins A. 2009. College Algebra with Applications for Business and Life Sciences, Enhanced Edition, USA: Brooks/ Cole Cencage Learning.

Sağlam, R. & Alacacı, C. 2012. A comparative analysis of quadratics unit in Singaporean, Turkish and IMDP mathematics textbooks. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 3(3), 131–147.

Didiş, M. G. Baş, S., & Erbaş, A. K. 2011. Students’ reasoning in quadratic equations with one unknown. Proceedings of the 7th Congress of the European Society for Research in Mathematics Education (CERME 7), 479-489.

Kotsopoulos, D. 2007. Unraveling student challenges with quadratics: A cognitive approach. Australian Mathematics Teacher, 63(2), 19-24.

Guner, P. 2017. High School Students’ Achievement of Solving Quadratic Equations. Bartin University Journal of Faculty Education, 6 (2): 447-467.

Didiş, M. G. & Erbaş, A. K. 2015. Performance and Diddiculties of Students in Formulating and Solving Equations with one Unknown. Educational Sciences, Theory and Practice, 15 (4): 1137-1150.

Usman, M. H. 2015. Analysis of Problem Solving Difficulties with Quadratic Equations among Senior Secondary Schools Students in Zaria, Nigeria. Journal of Science, Technology & Education, 3 (3): 1-9.

Makonye, J. & Nhlankla, S. (2014). Exploring ‘Non-Science’ Grade 11 Learners’ Errors in Solving Quadratic Equations. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(27), 634-644.

Sarwadi, H. R. H. & Shahrill, M. (2014). Understanding students’ mathematical errors and misconceptions: The case of year 11 repeating students. Mathematics Education Trends and Research: 1-10.

Vaiyavutjamai, P., & Clements, M. A. (2006). Effects of classroom instruction on students’ understanding of quadratic equations. Mathematics Education Research Journal, 18(1), 47-77.

Vaiyavutjamai, P., Ellerton, N. F., & Clements, M. A. (2005). Students’ attempts to solve two elementary quadratic equations: A study in three nations. Proceedings of the 28th Annual Conference of the Mathematics Education Research Group of Australia, 735-742.

Tiffany, F., et. al. 2017. Analysis Mathematical Communication Skills Student at the Grade IX Junior High School. International Journal of AdvanceResearch and Innovative Ideas in Education. 3(2):2160-2164.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Lomibao, L. S., Luna, C. A., & Namoco, R. A. 2016. The Influence of Mathematical Communication on Students’ Mathematics Performance and Anxiety. American Journal of Educational Research. 4 (5): 378-382.

Baroody, A. J 1993. Problem Solving, Reasoning, and Communicating, K-8: Helping Children Think Mathematically. New York: Macmillan Publishing Company.

Bayuaji, P., Hikmawati, H., & Rahayu, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (Sfae) Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 12(1).

Ishak, M., Jekti, D. S. D., & Sridana, N. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Dan Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SDN 13 Ampenan. Jurnal Pijar Mipa, 12(1).

Anggraeni, D., Sumarmo, U., & Kusnandi. 2012. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa SMK melalui Pendekatan Kontekstual dan Strategi Formulate-Share-Listen-Create (FSLC). Dalam Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. 2014. Bandung: UPI.

Mettetal, G. 2012. The What, Why and How of Classroom Action Research. Journal of Scholarship of Teaching and Learning, 2 (1): 6-13.

Hayati, L., & Romdhini, M. U. 2012. Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah melalui Belajar dalam Kelompok Kecil untuk Meningkatkan Prestasi Belajar pada mata kuliah Teori Peluang. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16 (2).

Deswita, R., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. 2018. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Saintifik. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1 (1): 35-43.

Fadhilaturrahmi. 2017. Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9 (2), 109-118.

Saam, Z. S. Z., & Yakub, E. Y. E. (2015). Faktor-faktor Penyebab Siswa Memperoleh Nilai Dibawah Kkm pada Mata Pelajaran Matematika, Sains, dan IPS Sdn 010 Bangko Sempurna. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 2(1), 1-17.

Rahman, R. A., Yusof, Y. M., Kashefi, H., & Baharun, S. (2012). Developing Mathematical Communication Skills of Engineering Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 5541–5547.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.