WORKSHOP PENGEMBANGAN BLENDED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM (GC) SEBAGAI SOLUSI PEMBELAJARAN DAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

I Made Sujana, Untung Waluyo, Henny Soepriyanti, Arifuddin Arifuddin

Abstract

Digitalisasi dan otomatisasi sebagai dalam Era Revolusi Industri 4.0 membawa dampak pada berbagai aspek kehidupan. Dalam bidang pendidikan dan pembelajaran guru dan siswa dituntut untuk memiliki ICT Literacy Skills. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk (1) membekali guru-guru Bahasa Inggris di Kota Mataram, Lombok, NTB dengan kemampuan memanfaatkan ICT (Google Classroom) dalam pembelajaran Bahasa Inggris; (2) membekali guru dengan kemampuan memanfaatkan ICT sebagai solusi pembelajaran dan penelitian tindakan kelas (PTK); dan (3) mengembangkan Google Classroom untuk mata pelajaran masing-masing. Kegiatan dilaksanakan di Mataram dengan melibatkan guru-guru bahasa Inggris berbagai jenjang pendidikan yang berjumlah 16 orang sebagai khalayak sasaran. Medote yang digunakan antara Ceramah, Diskusi, Modelling, dan Praktik (Workshop). Dari pelaksanaan kegiatan dapat disimpulkan antara lain: (1) Secara kuantitatif kegiatan ini melampaui target yaitu dari yang direncakan 20 orang menjadi 24 orang; (2) Khalayak sasaran memiliki pengetahuan tentang penerapan Blended Learning dengan Google Classroom dalam pembelajaran Bahasa Inggris; (3) Masing-masing khalayak sasaran telah memiliki akun Google Classroom masing-masing mata pelajaran (kelas).

Full Text:

PDF

References

Banados, E. (2006) A blended-learning pedagogical model for teaching and learning EFL successfully through an online interactive multimedia environment. CALICO Journal 23/3. pp. 533-550.

Bell, K. (2015) The Teacher’s Guide to Google Classroom. Texas: Shake Up Learnig, LLC

Johnson, c.P. & Marsh, D. (2014) Blended Language Learning: An Effective Solution but not Without Its Challenges. Higher Learning Researh Communication, 4(3), 23-41. http://dx.doi.org/10.18870/hlrc.v4i3.213

Kaur, M. (2013) Blended Learning- its challenges and future. Procedia: Social and Behavioural Sciences, 39, 612-617

Keeler, A. dan Miller, L. (2015) 50 Things You Can Do with Google Classroom. San Diego, CA: Dave Burgess Consulting, Ltd.

Neumeier, P. (2005) A closer look at blended learning- parameter for designing a blended learning environment for language learning and teaching, ReCALL, 17/2, 163-178.

Singh, H. and Reed, C. (2001) A White Paper: Achieving Success with Blended Learning. Available online at www.p2paertner.co.uk

Whittaker, C. (2013) Introduction. In B. Tomlinson & C. Whitaker (eds.). Blended Learning in ELT: Course Design and Implementation. London: British Council.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.