PENERAPAN DECONSTRUCTION-CONSTRUCTION MODEL DALAM MENYUSUN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) UNTUK GURU-GURU BAHASA INGGRIS KOTA MATARAM

I Made Sujana, Untung Waluyo, Arifuddin Arifuddin, Henny Soepriyanti

Abstract

Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi khalayak sasaran tentang publikasi ilmiah dan meningkatkan produktivitas dalam ber-PTK yang dihasilkan secara berkolaborasi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara workshop dan pendampingan yang melibatkan 20 orang guru-guru bahasa Inggris Kota Mataram yang terbentuk dalam 5 kelompok penelitian. Kegiatan dilakukan dengan menerapkan Deconstruction-Construction Model (DCM) yang meliputi Concept Building Stage, Deconstruction Stage, dan Construction Stage. Dari pelaksanaan kegiatan workshop dan pendampingan dapat disimpulkan: (a) Kegiatan workshop dan pendampingan guru-guru dalam penyusunan proposal PTK berjalan sesuai dengan rencana; (b) Kegiatan dalam Concept Building Stage, Deconstruction Stage, dan Construction Stage telah mampu memberikan modal dan model pada khalayak saran dalam rangka menyusun proposal PTK; (c) Terjadi peningkatan secara kuantitas dari perencanaan, yaitu terjadi peninmgkatan jumlah proposal dari 4 yang direncanakan menjadi 5 proposal dengan melibatkan 20 orang guru dari 15 orang yang direncanakan; dan (d) Telah dihasilkan 5 proposal sebagai hasil pendampingan guru bahasa Inggris oleh tim Pengabdian pada Masyarakat PS. Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP, Universitas Mataram.

Full Text:

PDF

References

Cahyawati, Y. 2009. “Mengkritisi Kinerja Guru Pascasertifikasi”, Jawa Pos, 7 Oktober 2009.

Peraturan Menteri Negara Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permennagpan & RB) Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit.

Solikin, I, 2010. “Pengarush Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Guru dan Implikasinya terhadap Prestasi Belajar Siswa pada SMK Negeri di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.” Laporan Penelitian. Badung: Lembaga Penelitian UPI Banding.

Callaghan, M. dan J. Rothery, 1988. Teaching Factual Writing: A Genre-Based Approach. Report of DSP Literacy Project Metropolitan East Region Sydney NSW School, Education Department.

Sribagus & Sujana, I M. 2008. Meningkatkan Proses dan Kualitas Produk Writing III Mahasiswa PS Pendidikan Bahasa Inggris dengan menggunakan Model “Deconstruction-Construction Model”, Lisdaya PBS FKIP UNRAM, Vol. No Tahun 2008.

Sujana, I M., Ilhamdi, L., Suryanti, Ni M. N., Baidowi, Andayani, Y, dan Mari’i, 2011. Pemetaan Kompetensi Peserta Didik dan Pengembangan Mutu Pendidikan SMA di Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat dan Kota Mataram NTB. Laporan Penelitian. Mataram: Lembaga Penelitian Universitas Mataram.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.