WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PUZZLE BERBAHAN KARDUS BEKAS BERBASIS TEMATIK DI SD NEGERI 1 TAMANSARI

Ida Ermiana, Umar Umar, Itsna Oktaviyanti, Asri Fauzi, Vivi Rachmatul Hidayati, Heri Setiawan

Abstract

Tujuan dan target dari kegiatan workshop ini adalah agar guru paham mengenai media puzzle berbahan kardus bekas berbasis tematik.  Pemahaman tersebut terwujud dalam bentuk pengetahuan mengenai konsep media puzzle berbahan kardus bekas berbasis tematik dan cara membuat media tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan metode sosialisasi dan pelatihan. Metode sosialisasi dilakukan untuk menjelaskan konsep media pembelajaran, manfaat media pembelajaran, teknik pemilihan media, macam-macam media pembelajaran, media puzzle, manfaat dan langkah-langkah membuat puzzle. Metode pelatihan dilaksanakan untuk melatih peserta membuat media puzzle berbahan kardus bekas berbasis tematik. Kegiatan pelatihan juga dilaksanakan dengan bimbingan tim pengabdian kepada para peserta workshop. Kegiatan yang telah dilaksanakan dirasa berhasil. Keberhasilan ditunjukkan dengan antusias peserta saat mendapatkan penjelasan mengenai media puzzle berbahan kardus bekas berbasis tematik, selain antusias dalam menyimak penjelasan para peserta juga antusias saat proses pelatihan pembuatan media puzzle berbahan kardus bekas berbasis tematik. Antusias yang ditunjukkan menghasilkan pemahaman mengenai pembuatan media puzzle berbahan kardus bekas berbasis tematik. Hal tersebut terbukti dari hasil pelatihan yang dilakukan, media yang dibuat peserta sangat baik. Beberapa peserta sudah dapat membuatnya dengan sangat baik dan sebagian yang lain masih perlu bimbingan lebih sesuai dengan kritik dan saran saat media tersebut dipresentasikan.

Full Text:

PDF

References

Agustina, Riya dan Ali Sunarso. (2018). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Peningkatan Kreativitas Pada Mata Pelajaran SBK. Joyful Learning Journal. 7(3), 75-79.

Alawiyah, Wiwi dkk. (2019). Pengaruh Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Bangun Datar Di Sekolah Dasar Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar: 6(1), 118-129.

Hamzah B. & Nina L. (2011). Teknologi Informasi & Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Husamah, (2013). Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Panduan Merancang Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prestsi Pustaka.

Khomsoh, Rosiana. (2013). Penggunaan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(2), 1-11.

Kurniasih. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Kusnafizal dan Nursamsu. (2017). Penerapan Pembuatan Media Pembelajaran dari Bahan Bekas Melalui MGMP Biologi Tingkat SMA Sederajat Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Pendidikan Biologi. 6(3), 356-360.

Siarni, dkk. (2015). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Salule Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako. 3(2), 94-104.

Slameto, (2010). Belajar dan Faktor faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2002). Media Pengajaran. Bandung: CV Sinar Baru.

Sukamti dan Esti Untari. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Dari Barang Bekas. ABDIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. 1(2), 159-163.

Wahyuni, Setyosari, & Kuswandi. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Jurnal Edcomtech. 1(2), 129-136.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.