Pengaruh Motivasi dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 1 Jonggat

Sripatmi Sripatmi, Baidowi Baidowi, Fitriani Fitriani

Abstract

This research aims to know the effect of learning motivation and learning habits on mathematics learning outcomes in class X SMAN 1 Jonggat in academic year 2018/2019. This research is Ex-Post Facto and the sample were 66 students of SMAN 1 Jonggat that was taken using Simple Random Sampling technique. Research data obtained using documentation and questionnaire. It had been anayzed using a simple linier regression and multiple regression tests. The result concluded that: (1) there is a positive and significant effect of learning motivation on students' mathematics learning outcomes with an effective contribution of 16.2%, (2) there is a positive and significant effect of learning habits on students' mathematics learning outcomes with an effective contribution of 16.1% (3) there is a positive effect of learning motivation and group learning habits on students' mathematics learning outcomes with an effective contribution of 25.2% and effective contribution of each variable 12.62% and 12.55%, respectively.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Jonggat tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jonggat sebanyak 66 orang yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan teknik dokumentasi dan angket, dianalisis dengan uji Regresi Linier Sederhana dan uji Regresi Ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 16,2%; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 16,1%; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar dan kebiasaan belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika dengan sumbangan efektif sebesar 25,2% dan sumbangan efektif masing-masing variabel berturut-turut 12,62% dan 12,55%.

Keywords

Motivasi Belajar; Kebiasaan Belajar; Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Bandung: Kencana Prenada Media Group Algesindo.

Sudjana. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Abror, Abd. Rachman. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana

Herman, Hudoyo. (1990). Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sriwati. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Bukit Barisan Padang

Rosyadi. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Wiralodra.

Azainil. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN di Kecamatan Samarinda Utara. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Mulawarman Samarinda.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.