Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multi Representasi (Dmr) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Senyawa Hidrokarbon Kelas Xi Mia Man 1 Mataram
DOI:
10.29303/cep.v3i1.1689Published:
2020-05-29Issue:
Vol. 3 No. 1 (2020): MeiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe diskursus multi representasi (DMR) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok senyawa hidrokarbon kelas XI MIA MAN 1 Mataram. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dalam bentuk Pre-test dan Post-test Only Control Group Design. Populasi ÃÂ dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIA 1 Mataram sebanyak 161 siswa yang tersebar dalam 4 kelas. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol, dengan menggunakan metode random sampling. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe diskursus multi representasi (DMR) sedangkan pada kelas kontrol diberiÃÂ perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Data pada penelitian ini berupa hasil belajar yang dikumpulkan dengan teknik uji pre-test dan post-test. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-gain t. Hasil uji statistik uji-t thitung pada taraf signifikan 5 % menunjukkan thitung (3,976) > ttabel (1,671). Nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 75,52 lebih besar dibandingkan kelas kontrol yaitu 66,13 dan ketuntasan kalsikal pada kelas eksperimen 45,00 % lebih besar dibandingkan kelas kontrol 20,51 %. Hal tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe diskursus multi representasi (DMR) memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok senyawa hidrokarbon kelas XI MIA MAN 1 Mataram.
ÃÂ
Kata kunci: diskrusus multi representasi (DMR), pembelajaran kooperatif dan hasil belajar
ÃÂ
References
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta : Bumi Aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Di Abad-21. Jakarta : BSNP.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Gunwan, L.A. 2018. Pengaruh model pembelajaran koopertatif tipe team assisted individualization (TAI) berbantuan studi card terhadap hasil belajar kimia. Chemistry Education Practice, 2(2) : 1-7.
Kariani, N. K., Putra, D. K. N. S., dan Ardana, I. K. 2014. Model Problem Based Learning Menggunakan Metode Probing-Prompting Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2 (1) : 1-10.
R, Ibrahim. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : PT Rinek Cipta.
sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
________. 2014. Metode penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R &D . Bandung: Alfabeta.
Sulistyowati, D. 2017. ââ¬ÅPengaruh Penerapan Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) Terhadap Motivasi, Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII Mts Maââ¬â¢murotul Husna Kediri Tahun Ajaran 2016/2017ââ¬Â. SKRIPSI FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Suryabrata, S. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Usman. 2018.ââ¬ÂPengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Metode Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Sistem Koloid Pada Siswa Kelas Xi Sman 1 Kuripan Tahun Ajaran 2017/2018ââ¬Â. SKRIPSI FKIP Universitas Mataram.
Wahyuni. 2019. ââ¬ÅPengaruh Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didikââ¬Â. SKRIPSI UIN Raden Intan Lampung.
Author Biographies
Ramli Ahmad, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Mataram
I Nyoman Loka, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Mataram
Mutiah Mutiah, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP Universitas Mataram
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).