Studi tentang Regulasi Diri dan Hubungannya dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Kimia
DOI:
10.29303/cep.v5i2.3135Published:
2022-11-30Issue:
Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi NovemberKeywords:
Regulasi diri, kemampuan berpikir kreatif., kimiaArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat regulasi diri siswa, tingkat berpikir kreatif siswa, dan ada atau tidak ada hubungan antara regulasi diri dengan kemampuan berpikir kreatif dalam kimia pada siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Labuapi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex post facto dan desain penelitian korelasional. Populasi penelitian sebanyak 41 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 21 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket regulasi diri dan instrumen soal berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan regulasi diri siswa kelas XII IPA SMAN 1 Labuapi termasuk katagori sedang dengan nilai rata-rata 49,09 dan kemampuan berpikir kreatif dalam kimia termasuk katagori sedang dengan nilai rata-rata 63,09, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara regulasi diri dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam kimia dan kontribusi kemampuan regulasi diri terhadap kemampuan berpikir kreatif sebesar 15,21 %.
References
Ahmar, D. S. (2016). Hubungan antara regulasi diri dengan kemampuan berpikir kreatif dalam kimia peserta didik kelas XI IPA Se-Kabupaten Takalar. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1).
Anwar, M. N., Shamim-ur-Rasool, S., & Haq, R. (2012). A comparison of creative thinking abilities of high and low achievers secondary school students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(1), 1-6.
Bandura, A. (1978). The self system in reciprocal determinism. American psychologist, 33(4), 344.
Farah, M., Suharsono, Y., & Prasetyaningrum, S. (2019). Konsep diri dengan regulasi diri dalam belajar pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(2), 171-183.
Friedman, H. S. (2020). Kepribadian teori klasik dan riset modern edisi ketiga.. Jakarta: Erlangga.
Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).
Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T. S. (2017). Critical thinking skill: konsep dan inidikator penilaian. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1(2), 127-133.
Mandasari, Anita., Siswati., dan Widodo, Prasetyo Budi. 2010. Hubungan Antara Regulasi Diri dalam Belajar dengan Perilaku Mencari Bantuan Akademik dalam Pelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan. 1(1): 1-20.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Muntari, Hadisaputra, S., Haris, M., Loka, I.N., Hayati, H., and Yanti E. (2021). Optimization of Achievement in Chemistry Learning Outcomes by Implementing Discovery Learning-Based Strategy. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 556: 274-278.
Rahmadansah, R., Haryanto, H., Sanova, A., Asrial, A., Yusnidar, Y., & Raidil, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Tai Berbantuan E-LKPD Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Asam Basa. Jurnal Zarah, 10(1), 38-46.
Redhana, I.W. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pertanyaan Socratik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan. (1)3: 99-114.
Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supratman, A. M. (2013). Piaget's Theory in the Development of Creative Thinking. Research in Mathematical Education, 17(4), 291-307.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).
Author Biographies
Nur Islamiani, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
I Nyoman Loka, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Muntari Muntari, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2022 Nur Islamiani, I Nyoman Loka, Dr Muntari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).