Persepsi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kopang Terhadap Penerapan E-Learning Pada Mata Pelajaran Kimia di Masa Pandemi
DOI:
10.29303/cep.v5i2.3200Published:
2022-11-30Issue:
Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi NovemberKeywords:
persepsi, e-learning, pandemiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kopang terhadap penerapan e-learning pada mata pelajaran kimia di masa pandemi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan terhadap seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Kopang yang berjumlah 82 siswa. Data persepsi siswa terhadap penerapan e-learning pada mata pelajaran kimia diperoleh menggunakan angket dengan skala Likert. Persepsi siswa meliptui tiga indikator yaitu kemudahan akses terhadap e-learning, sikap siswa dan persepsi mengenai manfaat penerapan e-learning. Data yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap penerapan e-learning pada indikator akses dengan kategori cukup baik, sedangkan untuk indikator sikap siswa dan indikator manfaat penerapan e-learning masuk dalam kategori baik. Secara keseluruhan persepsi siswa terhadap penerapan e-learning dalam kategori cukup baik.
References
Aji, R. H., (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran.. Jurnal Sosial dan Budaya syar-I. 7(5).
Ghozali, imam., (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handarani, O. I., Wulandari. S. S., (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal pendidikan administrasi Perkantoran. 8(3): 496.
Hidayati, Ridha., (2012). Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Guru Bahasa Indonesia kelas X SMK Hasanah Pekanbaru Tahun Ajaran 2011-2012. Skripsi.
Muthy, Anisa Nurfalah dan Heni Pujiastuti., (2020). Analisis Media pembelajaran E-learning melalui Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika di rumah sebagai Dampak 2019-nCOV. Jurnal math Educator Nusantara. 6(1).
Permatasari, Anggun., (2020). Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran Kimia selama Covid-19 di SMA Negeri se-Kabupaten Sumbawa Barat. Skripsi.
Muzid.,S., Munir. M., (2005). Persepsi Mahasiswa Dalam Penerapan E-Learning Sebagai Aplikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Pada Universitas Islam Indonesia). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi.
Setiawardhani, R.T., (2013). Pembelajaran Elektronik (E-Learning) dan Internet dalam mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa. Edunomi, Jurnal ilmiah pend. Ekonomi.1(2): 82-96.
Siahaan, S., (2002). E-Learning (Pembelajaran Elektronik) sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 9(42): 303-321.
Sugiyono., (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono., (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahyuningsih, S. (2021). Sikap Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Menggunakan E-learning Berbasis WEB Mata Pelajaran Al-Quran Hadits di SMA Rauhdatul Jannah, Palangkaraya: Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.
Yuningsih, Yuyu., (2021). Implementasi E-learning di masa Pandemic Covid-19: Studi Kasus pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil di Puslat Bank PKASN LAN. Jurnal Wacana Kinerja. 24(1):111-136.
Author Biographies
Baiq Kiki Rizki Amalia, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Lalu Rudyat Telly Savalas, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Rahmawati Rahmawati, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Mukhtar Haris, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2022 Baiq Kiki Rizki Amalia, Lalu Rudyat Telly Savalas, Rahmawati Rahmawati, Mukhtar Haris

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).