The Effect of Stem-Based PjBL Model on Students' Creative Thinking Abilities on Acids and Bases Materials
DOI:
10.29303/cep.v8i1.7656Published:
2025-05-31Issue:
Vol. 8 No. 1 (2025): Edisi MeiKeywords:
STEM-based PjBL model, Acid and Bases, creative thinking abilityArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini adalah kuasi eksperimen semu dengan tujuan mengetahui adanya pengaruh model PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM (Sains, Technology, Engineering and Mathematics) terhadap peningkatan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Narmada pada materi asam dan basa. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Sampel pada penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Populasi yang dipilih adalah semua siswa kelas XI IPA SMAN 1 Narmada yang berjumlah 213 siswa, sedangkan sampelnya diperoleh siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XI IPA 4 sebagai kelompok kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu instrumen tes berupa soal uraian yang terdiri dari 8 soal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan beberapa uji, anatra lain uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas varians dan uji hipotesis (uji-t) dua pihak menggunakan rumus uji-t polled varians. Berdasrkan hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 4,06 dan ttabel sebesar 1,99 pada dk sebesar 69 dengan taraf signifikan 5%. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya model PjBL (Project Based Learning) berbasis STEM (Sains Technology Engineering and Mathematics) berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Narmada pada materi asam dan basa.
References
Annisa, R., Effendi, M. H., & Damris, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis Steam (Science, Technology, Engineering, Arts Dan Mathematic) Pada Materi Asam Dan Basa Di Sman 11 Kota Jambi. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(2), 14–22. https://doi.org/10.22437/jisic.v10i2.6517
Zuchdi, D. (2010). Humanisasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kristanti, Y., Subiki, & Handayani, r. P (2020). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) Pada Pembelajaran Fisika Disma 1). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122–128. https://ipf.jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3958
Erlinawati, C. E., Bektiarso, S., & Maryani, M. (2019). Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Pada Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 4(1), 2527–5917. https://prosiding.jurnal.unej.ac.id
Murniarti, E. (2019). Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pembelajaran. Journal of Education, 3(1), 1-18. https://scholar.google.co.id
Jannatu, N., Imah, N. ’, Dan, S., & Wardani, S. (2015). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(2), 1566–1574. https://doi.org/10.15294/jipk.v9i2.4824
Ma’wa, A. J., Toto, T., & Kustiawan, A. (2022). Pengaruh Model Pjbl-Stem Dalam Pembelajaran Ipa Pada Materi Bioteknologi Terhadap Motivasi Belajar Siswa. J-Kip (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 307. https://doi.Org/10.25157/J-Kip.V3i1.7256
Muliardi, M. (2023). Mengembangkan kreativitas dan karakter bangsa melalui Kurikulum Merdeka di Madrasah. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.56113/takuana.v2i1.68
Oktaviani, C., Muliaman, A., & Listiani, E. (2022). Implementasi Model PjBL Berbasis STEM Terhadap Kreativitas Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di MAN Kota Lhokseumawe. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2022(12), 42–50. https://doi.org/10.5281/zenodo.6943331
Payadnya, I., dan Jayantika, I., N. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Putri, C. K., & Juandi, D. (2023). Implementasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Penalaran Matematis. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 350. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.14720
Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Shafiul A., M., Agus S., D., & Nurhadi, D. (2020). Mengkombinasikan Project-Based Learning dengan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknikal dan Karakter Kerja Siswa SMK. Jurnal Teknologi Kejuruan, dan Pengajarannya, 43(1), 41–50. https://core.ac.uk/download/pdf/354312104.pdf.
Siregar, S. (2016). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Analysis Kemampuan Kognitif dan Berfikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan STEM [The Analysis of Cognitive and Creative Thinking Skill Through The Use of STEM Project Based Learning Model]. Jurnal Pembelajaran Kimia OJS, 4(1), 18–30. http://dx.doi.org/10.17977/um026v4i12019p018
Tseng, K., Chi-Cheng C., Shi-Jer L., and W.-P. (2013). Attitude Towards Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) in a Project-Based Learning (PBL) Environment. International Journal of Technology, 23(1).
doi: 10.1007/s1078-011-9160-x
Windasari, N. S., Yamtinah, S., & Vh, E. S. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Terintegrasi STEM (PjBL-STEM) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Materi Asam dan Basa Kelas XI di SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(1), 47–53. https://doi.org/10.20961/jpkim.v9i1.33840
Yuliani, H. (2017). Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Siswa Sekolah Menengah di Palangka Raya Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Kimia Dan Keilmuan, 3(1), 59–80. https://doi.org/10.25273/jpkim.v3i1.1134
Zubaidah, S. (2019). Memberdayakan Keterampilan Abad Ke-21. Seminar Nasional Nasional Pendidikan Biologi, 1–17.https://scholar.google.co.id
Author Biographies
Febriana Febriana, Mataram University
Lalu Rudyat Telly Savalas, Pendidikan Kimia, Universitas Mataram
Aliefman Hakim, Pendidikan Kimia, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Febriana Febriana, Lalu Rudyat Telly Savalas, Aliefman Hakim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).