Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity Berbantuan Media Virtual Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa

Authors

Emma Tresia Simamora , Haqqi Annazili Nasution , Rini Selly

DOI:

10.29303/cep.v8i2.9229

Published:

2025-11-30

Issue:

Vol. 8 No. 2 (2025): Edisi November

Keywords:

Collaborative creativity, Virtual Laboratory, Learning Outcomes

Articles

Downloads

How to Cite

Simamora, E. T., Nasution, H. A., & Selly , R. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity Berbantuan Media Virtual Laboratorium Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa. Chemistry Education Practice, 8(2), 454–459. https://doi.org/10.29303/cep.v8i2.9229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Collaborative Creativity yang dipadukan dengan media virtual laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa di SMA Negeri 1 Tanjung Beringin. Sampel penelitian dipilih dari populasi menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain non-equivalent control group design, melibatkan dua kelas XI yang ditentukan secara acak sebagai kelas sampel. Data penelitian diperoleh melalui tes hasil belajar dan angket respons siswa. Nilai rata-rata pretest yang diperoleh siswa adalah 37,66, sedangkan setelah perlakuan melalui model Collaborative Creativity dan dilakukan posttest, nilai rata-rata meningkat menjadi 85,66. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tersebut, yang didukung media virtual laboratorium, memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Selain itu, data angket menunjukkan bahwa 77,83% siswa memberikan respons positif terhadap penerapan model pembelajaran tersebut. Terdapat pula hubungan yang signifikan antara respons siswa dan hasil belajar dengan nilai korelasi sebesar r_hitung = 0.94, yang lebih tinggi dibandingkan r_tabel = 0.36.

References

Andriani, M., Muhali, M. & Dewi, C, A. (2019). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Kontekstual Untuk Membangun Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa. Jurnal pendidikan kimia, 7(1): 25-34.

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1): 491–500.

Astutik, S., Lesmono, A, D. & Adani, D, A. (2019). Pengaruh Model Collaborative Creativity (CC) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Di SMA. Jurnal Saintifik, 21(1): 9-22.

Nantana, M, G, R. & Wiradimadja, A. (2023). Inovasi Belajar Abad 21 Melalui Pengembangan Media Podcast Pembelajaran IPS Berbasis Instragram. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 10(1): 69-87.

Nefrita, N. (2019). Implementation Of PhET Learning Media in Efforts To Improve Activities And Physics Learning Outcomes Of Students In Class XI SMA 4 Pekanbaru. Journal Geliga Sains, 7 (1): 46-54.

Putra, R., Pratika, R., Beladona, S. & Kumalasari, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Kimia Secara Eksperimental Menggunakan Aplikasi Virtual Lab Chemcollective. Jurnal Abdimas Kertika Widjayakusuma, 5(2): 340-348.

Theresia, C., Hartati, Y. & Lestari, S. (2023). Efektivitas Penggunaan media Laboratorium Virtual ChemCollective Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Titrasi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(1): 30-39

Wijaya, O. P., & Bukhori, I. (2017). Effect of Learning Motivation, Family Factor, School Factor, and Community Factor on Student Learning Outcomes on Productive Subjects. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 3(3): 192–202.

Author Biographies

Emma Tresia Simamora, Universitas Negeri Medan

Haqqi Annazili Nasution, Universitas Negeri Medan

Rini Selly , Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Medan

License

Copyright (c) 2025 Emma Tresia Simamora, Haqqi Annazili Nasution, Rini Selly

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.