Studi Perbandingan Hasil Belajar Kimia antara Model Pembelajaran Team Quiz dengan Model Pembelajaran Course Review Horay Pada Siswa Kelas XI MIA SMAN 1 Lingsar
DOI:
10.29303/cep.v1i2.965Published:
2019-02-11Issue:
Vol. 1 No. 2 (2018): NovemberArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh hasil belajar kimia yang signifikan antara model pembelajaran Team Quiz dengan model pembelajaran Course Review Horay pada siswa SMAN 1 Lingsar Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 1 Lingsar. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA 3 dan XI MIA 4 yang ditentukan melalui teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Team Quiz untuk kelas eksperimen A dan model pembelajaran Course Review Horay untuk kelas eksperimen B. Variabel terikatnya adalah hasil belajar kimia siswa dalam ranah kognitif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest dalam bentuk tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Gain uji-t dengan pengambilan keputusan didasarkan pada uji hipotesis dua pihak.Gain uji-t digunakan untuk menganalisis data hasil belajar kimia siswa, didapatkan thitung (0,021) < ttabel (2,021). Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh hasil belajar kimia yang signifikan antara model pembelajaran Team Quiz dengan model pembelajaran Course Review Horay pada siswa kelas XI MIA SMAN 1 Lingsar.
References
Model pembelajaran Team Quiz, Model Pembelajaran Course Review Horay, Hasil Belajar
Author Biographies
Nita Wardani, Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram
Muntari Muntari, Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram
Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram
I Nyoman Loka, Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).