PENGARUH POLA ASUH DAN JENIS PEKERJAAN ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL ANAK KELOMPOK B DI TK PERMATA HATI ISLAMIC PRESCHOOL TAHUN AJARAN 2024/2025
DOI:
10.29303/jmp.v5i2.10434Published:
2025-10-16Issue:
Vol. 5 No. 2 (2025): AgustusArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh pola asuh dan jenis pekerjaan orang tua terhadap perkembangan moral anak. Penelitian ini menerapkan pendekatan Expost-Facto dengan instrumen pedoman observasi tehnik checklist terhadap 15 orang anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Permata Hati Islamic Preschool tahun ajaran 2024/2025. Data yang diperoleh merupakan menggunakan teknik analisis regrensi linear berganda dan parsial, dengan taraf uji 0,05. Hasil analisis pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan moral anak; 2) Pengaruh jenis pekerjaan orang tua terhadap perkembangan moral; 3) Pengaruh pola asuh dan jenis pekerjaan orang tua terhadap perkembangan moral anak; 4) Ada pengaruh pola asuh terhadap perkembangan moral anak setelah di kontrol variabel jenis pekerjaan; dan 5) Ada pengaruh jenis pekerjaan orang tua terhadap perkembangan moral anak setelah di kontrol variabel pola asuh. Berdasarkan temuan-temuan penelitian ini dapat direkomendasikan: Masalahmasalah yang terjadi pada perkembangan moral anak usia dini dapat di tangani dengan mengimplementasikan/menerapkan pola asuh yang dapat menstimulus tumbuh kembang anak sesuai dengan tahapan-tahapan usianya serta jenis pekerjaan yang sesuai dengan level tingkat tinggi, sehingga bentuk pola asuh dan jenis pekerjaan orang tua terhadap perkembangan moral anak kelompok B ini dapat dijadikan sebagai metode pembelajaran disekolah serta dapat di implementasikan oleh guru dan peneliti selanjutnya.
Author Biographies
Yulizul Jannah, Universitas Mataram
I Wayan Karta, Universitas Mataram
Baiq Nada Buahana, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Yulizul Jannah, I Wayan Karta, Baiq Nada Buahana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).