PENGEMBANGAN MEDIA BUKU AKTIVITASKU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITF PADA ANAK KELOMPOK B
DOI:
10.29303/jmp.v5i2.10437Published:
2025-10-16Issue:
Vol. 5 No. 2 (2025): AgustusArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, keefektifan pada media yang dikembangkan yakni media Buku Aktivitasku untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak pada kelompok B TKN Pembina Dewi Kayangan. Kebaharuan penelitian ini yakni lebih pesifik mengangkat konsep sehari- hari anak serta material media yang digunakan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Dengan Teknik analisis data yakni menggunakan deskriptif kuantitatif untuk menguji kevalidan dari media dan menggunakan rumus persentse kevalidan. Hasil penelitian yaitu validator media mendapatkan skor 100%, validator materi mendapatkan skor 95,5%, validator respons peserta didik pada tahap I memperoleh rata- rata 58,7%, validator respons siswa pada tahap II memperoleh rata- rata 74,03%. Kriteria penilaian media yang digunakan termasuk kategori sangat layak terhadap media yang dikembangkan. Media Buku Aktivitasku termasuk sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media Buku Aktivitasku yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, praktis digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Author Biographies
Liza Natalia, Universitas Mataram
Fahruddin, Universitas Mataram
Ika Rachmayani, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2025 Liza Natalia, Fahruddin, Ika Rachmayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).