PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DESA SURADADI KECAMATAN TERARA KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN 2020
DOI:
10.29303/jmp.v1i1.2884Diterbitkan:
2021-08-23Terbitan:
Vol 1 No 1 (2021): FebruariKata Kunci:
ular tangga, motorik kasarArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui permainan ular tangga yang tepat untuk meningkatkan motorik kasarÃÂ anakÃÂ usia 4-5 tahun di Desa Suradadi Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur.ÃÂ Penelitian ini menggunakan dua belas langkah-langkah dalam bermain ular tangga yang mampu meningkatkan motorik kasar anak usia 4-5 Tahun di Desa Suradadi Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur Tahun 2020. ÃÂ ÃÂ Penelitian pengembangan dengan mengacu pada pendapat Borg & Gall. Subjek penelitian ialah anak usia 4-5 tahun di Desa Suradadi Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur tahun 2020. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Penelitian menggunakan tiga tahap pengembangan dengan enam kali pertemuan. Setiap tahap terjadi peningkatan dengan cara memodifikasi alat dan bahan, langkah-langkah main, serta aturan main. Hasil yang diperoleh pada tahap pengembangan I memperoleh nilai persentase sebesar (40,2%), pada tahap pengembangan IIÃÂ meningkat lagi mencapaiÃÂ (62,8%), di tahap pengembangan III (pertemuanÃÂ terakhir) sebesar (85,8%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui dua belas langkah bermain permainan ular tangga dapat meningkatkan motorik kasar anak usia 4-5 Tahun di Desa Suradadi Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur, NTB Tahun 2020Referensi
Agnaita, 2017. Perkembangan Fisik Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no.137 Tahun 2014 (kajian konsep perkembangan anak), vol 3(2). Yogyakarta: Universitas Kalijaga Yogyakarta. Diakses 14 Oktober 2020 pukul 19:33.
Anggraini, Dito Purbo. 2018. Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Ular Tangga Kreatif Pada Anak Kelompok B PAUD PKK Plosorejo Kecamatan Gampangrejon Kabupaten Kediri, Skripsi: Universitas Nusantara PGRI Kediri
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Decaprio, 2017. Panduan Mengembangkan Kecerdasan Motorik siswa, Yogyakarta : Diva press
Jamaris, Martini 2017. Pengembangan Instrumen Buku Kecerdasan Jamak AnakUsia Dini, Volume 25. Bogor: Ghalia Indonesia
Kristanto, 2015. Upaya meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar ( Keseimbangan Tubuh) anak melalui permainan Tradisional Egklek Di Kelompok B Tunas Rimba ll, Semarang, Jurnal Penelitian PAUDIA
Novitasari dkk, 2019. Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqqah Kabupaten Rejang, Vol. 4. Bengkulu: Universitas Bengkulu. Diakses 14 Oktober 2020 pukul 19:54.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Pratiwi, 2017. Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, volume 5, Gorontalo: Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo. Diakses 14 Oktober 2020 pukul 19:50.
Selfiana, 2019. Peningkatan kemampuan Motorik Kasar Melalui Permaianan Tradisional Jawa Barat kelompok B di TK RA El-Hurriyah Cikarang Utara, Skripsi: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Sudono, 2006. Sumber Belajar Dan Alat Permainan, Jakarta: PT Grasindo
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, 2012. Metode Pengembangan Fisik, Banten: Universitas Terbuka
Swastrini dkk, 2016. Penerapan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 Di Tk Widya Sesana Sangsit, Volume 4. Bali: Unversiitas Ganesha. Diakses 14 Oktober 2020 pukul 20.08.
Syamsuardi, 2012. Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE)di Taman Kanak-kanak Polewali, Voleume. Bone: Paud Fip UNM. Diakses 14 Oktober 2020 pukul 20.00.
Tilong, 2016. Aktivitas Pendongkrak Kinerja Otak Kanan & Kiri Anak, Yogyakarta: Laksana
Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Pusat Penelitian Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian Dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.
Biografi Penulis
Hilda Wardani, Universitas Mataram
Baik Nilawati Astini, Universitas Mataram
Ika Rachmayani, Universitas Mataram
I Made Suwasa Astawa, Universitas Mataram
Lisensi
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).