PENGEMBANGAN PERMAINAN UNO STACKO TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

Olyvia Vilanova Timur Saputri , Baik Nilawati Astini , Nurhasanah Nurhasanah , Ika Rachmayani

DOI:

10.29303/jmp.v1i2.2892

Diterbitkan:

2021-08-26

Terbitan:

Vol 1 No 2 (2021): Agustus

Kata Kunci:

permainan uno stacko, kemampuan kognitif

Articles

Cara Mengutip

Timur Saputri, O. V., Astini, B. N., Nurhasanah, N., & Rachmayani, I. (2021). PENGEMBANGAN PERMAINAN UNO STACKO TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI MATARAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Mutiara Pendidikan, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.29303/jmp.v1i2.2892

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainanàuno stackoàdalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK IT An-Nahl Mataram tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan tiga tahap pengembangan penelitian terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 18 anak berusia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data dalam penelitian yaitu metode observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Kemampuan kognitif anak dapat dikembangkan melalui permainàuno stackoàdengan langkah-langkah: (1) Menyiapkan alat permainanàuno stackoàseperti balok dan dadu (2) Pemain duduk berkelompok terdiri dari 4-5 orang (3) Pemain menyusun balok dengan cara ditumpuk ke atas dengan 3 balok pada tiap tumpukannya disusun menyilang dan disusun sesuai angkanya (4) Pemain yang mendapat giliran pertama memulai permainan dengan melempar dadu, dan menghitung jumlah mata dadu yang muncul (5) Pemain mengambil balok warna apa saja sesuai dengan jumlah mata dadu muncul (6) Permainan berakhir apabila menara roboh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif melalui permainanàuno stacko.àPeningkatan tersebut dilihat dari persentase 47,18% pada tahap pengembangan I menjadi 65,18% pada tahap pengembangan II dan pada tahap pengembangan III capaian perkembangan kognitif anak memenuhi capaian indikator keberhasilan dengan nilai rata-rata yaitu 78,98%.

Referensi

Gustianih, S dan Widajati, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivistik Bermedia Uno Stacko Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai, 5(2),118-123.

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/14929 diakses 10 Agustus 2021.

Istiqomah, Siti. 2018. Penerapan Metode Bermain Melalui Permainan Ular Tangga Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Sriwijaya Lampung Timur Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Raden Intan Lampung.

Nurhasanah. 2018. Perkembangan anak usia dini. Mataram: Arga Puji Press.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137. Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahayu, Dwi Istati. 2018. Pengembangan kognitif anak usia dini. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Roziqin, Muhammad. 2017. Pengaruh Permainan Uno Stacko Terhadap Peningkatan Fungsi Kognitif Lansia Di Griya Usila Santo Yosef Surabaya. Skripsi. Fakultas Keperawatan, Pendidikan Ners, Universitas Airlangga. Surabaya (Online)file:///D:Proposal/newww/full%20text.pdf diakses 20 Mei 2021.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widianto, Theo, Riski, Rharjo. Rosdiana Laily. 2017. Pengembangan Permainan Kartu UIPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anak Pada Materi Interaksi Antar Makhluk Hidup. Vol. 5, No.1. https://media.neliti.com/media/publications/252757-none-a6f7cddf.pdf diakses 15 Juli 2021.

Biografi Penulis

Olyvia Vilanova Timur Saputri, Universities Mataram

Baik Nilawati Astini, Universities Mataram

Nurhasanah Nurhasanah, Universities Mataram

Ika Rachmayani, Universities Mataram

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.