IMPLEMENTASI PAUD HI (HOLISTIK INTEGRATIF ) PADA TK Di KOTA MATARAM TAHUN 2022
DOI:
10.29303/jmp.v3i3.3775Diterbitkan:
2023-08-15Terbitan:
Vol 3 No 3 (2023): AgustusArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
PAUD Holistik Integratif merupakan program yang dilakukan pemerintah untuk mengembangkan anak usia dini secara menyelurh dan utuh. Program PAUD Holistik Integratif ada lima layanan antara lain, pembelajaran, kesehatan dan gizi, pengasuhan dan peran orang tua, perlindungan, serta keamanan dan kesejahteraan. Tujuan penelitian ini yaitu melihat implementasi PAUD HI pada TK di Kota Mataram tahun 2022. Jenis peneliatian ini adalah kuantitaif deskriptif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Lembaga PAUD di Kota Mataram, dengan pengambilan sampel yaitu Stratified Propotional Random Sampling dengan jumlah 24 lembaga. Adapun hasil penelitian impelementasi PAUD HI pada TK di Kota Mataram sebagai berikut: Implementasi Layanan pembelajaran terlaksana tetapi belum maksimal, layanan kesehatan dan gizi terlaksana tetapi belum maksimal, layanan peran orang tua dan pengasuhan terlaksana tetapi belum maksimal, layanan perlindungan kerjasama dengan KPAI dan Bidang kebencanaan tidak terlaksana sedangkan dengan kampung dongeng terlaksana secara maksimal, layanan keamanan dan kenyamanan sudah terlaksana tetapi tidak maksimal. Sehingga perlu adanya evaluasi tentang pelaksanan PAUD HI kepada seluruh Lembaga PAUD yang ada di Kota Mataram
Biografi Penulis
Julia Izni Malika, Universitas Mataram
I Nyoman Suarta, Universitas Mataram
Ika Rachmayani, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Julia Izni Malika, I Nyoman Suarta, Ika Rachmayani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).