Pengaruh Model Perolehan Konsep Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA

Atikatun Hulwani, Susilawati Susilawati, Kosim Kosim

Abstract

This study aims to analyze the effect of the concept attainment model with the demonstration method on the mastery of student physical concepts. This type of research is a quasi-experimental with pre-test and post-test control group design. The population in this study were all students of class XI MIPA in one of the state high schools in West Lombok. The sampling technique in this study used a purposive sampling technique, so that the sample used in the study was class XI MIPA 3 as an experimental class and class XI MIPA 6 as a control class. The instrument used in this study was in the form of multiple choice questions totaling 21 items. The pre-test results show that the average value of the experimental class is 37,3 and the control class is 35,9. Data analysis techniques using t-test with pre-test and post-test, so that the results of the hypothesis test conducted at the final test obtained t-count of 2,250 and t-table of 2,012. Because t-count is greater than t-table, it can be concluded that H0 is rejected, it means that the concept attainment model with the demonstration method affects the mastery of the physics concepts of high school students.

Keywords

Concept attainment; demonstration method; concept mastery; physics

Full Text:

PDF

References

Arianti, B.I., Sahidu, H., Harjono, A., & Gunawan. 2016. Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4), 159-163.

Christiani, D.E., & Sudibyo, E. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Pemerolehan Konsep untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII pada Materi Tekanan. E-Jurnal Pensa, 5(3).

Fadilah, S., & Suyono, S. 2016. Meremediasi Miskonsepsi Siswa Berbasis Gaya Belajar Dimensi Pemahaman pada Konsep Ikatan Kimia Menggunakan Concept Attainmen. UNESA Journal of Chemical Education, 5(2).

Gunawan, Harjono, A., & Sutrio. 2015. Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 9-14.

Kemendikbud. 2013. Permedikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud.

Nondo, F.T., Fihrin, F., & Ali, M. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT). 4(4).

Oktaviani, D.G., Harjono, A., & Gunada, I.W. 2018. Penguasaan Konsep Usaha dan Energi Peserta Didik Kelas X dengan Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Organizers. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 192-201.

Peole, A.E., Agustina, V.M., & Alibasyah, L. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Demonstrasi pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN Taopa Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(7).

Rohendi, D., Ginanjar, M.A., & Sutarno, H. 2010. Efektivitas Metode Pembelajaran Demonstrasi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(1), 16-18.

Sa’diyah, H., Indrawati, I., & Handayani, R.D. 2015. Model Pembelajaran Concept Attainment disertai Metode Demonstrasi pada Pembelajaran IPA-Fisika di SMP (Studi Eksperimen pada Aktivitas dan Hasil Belajar IPA-Fisika). Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3).

Sugiono, S. 2002. Metode Penelitian Administrasi RdD. Bandung: Alfabeta.

Syaiful, B.D., & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tuqalby, R., Sutrio,S., & Gunawan, G. 2017. Pengaruh Strategi Konflik Kognitif terhadap Penguasaan Konsep pada Materi Fluida Siswa Sman 3 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 8-13.

Yahya, I.B.L., Prihandono, T., & Supriadi, B. 2017. Penerapan Model Concept Attainment disertai Teknik Concept Mapping dalam Pembelajaran Fisika di MA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 63-67.

Yulianci, S., Gunawan, G., & Doyan, A. 2017. Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 146-154.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.