Pengaruh Model Pembelajara Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik SMAN 1 Tanjung Tahun Ajaran 2019/2020

Veza Aulia, Hairunisyah Sahidu, Gunawan Gunawan

Abstract

This research is aimed to determine the effect of guided-inquiry learning model using PhET simulation on creativity at SMAN 1 Tanjung of academic year 2019/2020. This research is quasi-experimental with non-equivalent control group design. The population of this research is all student of grade XI SMAN 1 Tanjung of academic year 2019/2020, while the sampling technique used purposive sampling, while the sampling are the student of grade XI MIPA 2 as the experimental group and the student of grade XI MIPA 1 as control group. Creativity data be measured on creativity test which the type test used 7 essay. The research hypothesis was tested using t-test independent. The result of t-test show that tobtained>ttable. It means that there is the effect of guided-inquiry learning model using PhET simulation on creativity at SMAN 1 Tanjung of academic year 2019/2020.

Keywords

guided-inquiry model; PhET simulation; creativity

Full Text:

PDF

References

Deta, U.A., Suparmi, S. & Sunarno, W. 2013. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing dan Proyek, Kreativitas, serta Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.

Hayati, S.N., Hikmawati., Wahyudi. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Menggunakan Media Simulasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA SMAN 1 Lingsar Lombok Barat Tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISSN. 2407-6902) Volume 3(1).

Hikmawati, & Gunada, I.W. 2013. Kajian fisika SMA. Mataram: FKIP Uniersitas Mataram.

Kusdiastuti, M., Harjono A., Sahidu H., & Gunawan G.. (2017).

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 116-122.

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nurlaila, N., Suparmi, S., & Sunarno, W. 2013. Pembelajaran Fisika dengan PBL Menggunakan Problem Solving dan Problem Posing Ditinjau dari Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inkuiri 2(2).

Rahayu, S. 2014. Diktat Statistik Dasar Untuk Pendidikan Fisika Semester 3. Mataram: Tidak diterbitkan.

Setiadi, R., & Muflika, A. A. 2012. Eksplorasi Pemberdayaan Courseware Simulasi PhET Untuk Membangun Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pengajaran MIPA UPI 17(2).

Tangkas, I.M. 2012. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas X SMAN 3 Amplura.Jurnal Penelitian Pascasarjana Uniksha.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: kencana Prenada Media Group.

Wahyuni, S., Kosim, & Gunawan. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Eksperimen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 240-246.

Young, H., & Freedman, R. 2001. Fisika Universitas Jilid 2 Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga.

Yulianci, S., Gunawan, & Doyan, A. 2017. Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 146-154.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.