Analisis Tingkat Kesulitan Yang Dialami Peserta Didik Dalam Praktikum Biologi di SMA
DOI:
10.29303/jpm.v14i1.1042Published:
2019-03-28Issue:
Vol. 14 No. 1 (2019): MaretKeywords:
Tingkat Kesulitan, Praktikum, BiologiArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami peserta didik dalam praktikum pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kopang, Lombok Tengah, provinsi NTB. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Kopang yang terdiri dari 552 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang dugunakan adalah instrumen angkettertutup tipe pilihan ganda. Analisis data dihitung menggunakan rumus persentase tingkat kesulitan dan perbandingan persentase tingkat kesulitan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 76,1% mengalami kesulitan dengan kategori sulit. Kesimpulan untuk tingkat kesulitan peserta didik dalam praktikum adalah keterampilan, kesiapan, psikologis emosional kebiasaan sikap, kondisi jasmani minat praktikum, ketelitian konsentrasi, pengetahuan materi praktikum dan motivasi peserta didik.
References
Santosa, P. (2018). Mahir Praktikum Biologi, Penggunaan Alat-Alat Sederhana dan Murah Untuk Percobaan Biologi. Deepublish.
Dewi, I. S., Sunariyati, S., & Neneng, L. (2016). Analisis Kendala Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri Se-Kota Palangka Raya. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 2(1).
Maknun, D., Surtikanti, R. H. K., Munandar, A., & Subahar, S. (2012). Keterampilan esensial dan kompetensi motorik laboratorium mahasiswa calon guru biologi dalam kegiatan praktikum ekologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).
Bahri, S., Sedijani, P., Zulkifli, L., & Mertha, I. G. (2018). Pelatihan Pemeliharaan dan Penggunaan Drosophila Sebagai Bahan Praktikum Pada Guru Biologi SMA Di Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1).
Yasmin, N., Ramdani, A., & Azizah, A. (2015). Pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2013/2014. Jurnal pijar MIPA, 10(2).
Junaidi, E., Hadisaputra, S., & Al Idrus, S. W. (2018). Kajian Pelaksanaan Praktikum Kimia Di Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Lombok Barat Indonesia. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 24-31.
Hadisaputra, S., Savalas, L. R. T., & Hamdiani, S. (2017). Praktikum Kimia Berbasis Kimia Komputasi Untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pijar Mipa, 12(1).
Jeranah, J., Nur, S., & Nurmiati, N. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan dan minat belajar mahasiswa jurusan pendidikan biologi universitas sulawesi barat. SAINTIFIK, 1(2), 87-94.
Ardiansyah, M. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia di MAN 4 Medan TP 2016/2017(Doctoral dissertation, UNIMED).
Junaidi, E., Hadisaputra, S., & Al Idrus, S. W. (2017). Kajian Pelaksanaan Praktikum Kimia Di Sekolah Menengah Atas Negeri Se Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2(1).
Soepeno, Bambang. 2002.Statistik terapan dalam Penelitian Ilmu-ilmuSosial dan Pendidikan.Jakarta. Rineka Cipta
Juliadi, Azuar. 2014. Metode penelitian bisnis konsep dan aplikasi. Medan:UMSU press
Yusni, Ahmad. 2006. Kesulitan-kesulitanyang dialami Oleh Siswa Kelas II IPA SMA Negeri 1 Terara dalam Pelakasanaan Praktikum Biologi. Skripsi. Mataram: UNRAM. Pada tanggal 7 Maret 2018, pukul 12:45 WITA
Hadi, Amirul dan Haryono. 2005. Metodologi Penelitian endidikan.Bandung: CV.Pustaka Setia
Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar. Jakarta : Ghalia Indonesia
Arikunto,Suharsini. 2010. Prosedur PenelitianSuatu PendekatanPraktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Widodo, A. & Ramdhaningsih, V. (2006). Analisis kegiatan praktikum biologi dengan menggunakan video. JurnalSkripsi. Metalogika. 9(2), 146-158.148.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. PsikologiBelajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Author Biographies
Baiq Siti Khaerunnisa, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
Kusmiyati Kusmiyati, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
Mohammad Liwa Ilhamdi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).