Implementasi Mind Mapping Melalui Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar
DOI:
10.29303/jpm.v14i1.1044Published:
2019-03-28Issue:
Vol. 14 No. 1 (2019): MaretKeywords:
Mind mapping, Project based learning, berpikir kritis, hasil belajarArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi mind mapping melalui project based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa S1 program studi pendidikan biologi FKIP UMM Malang, tepatnya matakuliah yang digunakan adalah MK telaah kurikulum. Metode penelitian dilakukan melalui 2 siklus, dimana setiap siklusnyua terdapat tindakan perencanaan, pemerapan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian didapatkan terjadinya peningkatan kemampuan dari siklus I ke siklus II yaitu sebanyak 18 mahasiswa pada kemampuan berpikir kritis dan sebanyak 33 mahasiswa pada hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan mind mapping melalui project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar.ÃÂ
References
Amir, M. F. 2015. Proses berpikir kritis siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah berbentuk soal cerita matematika berdasarkan gaya belajar. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 159ââ¬â170.
Zakrah, Z., Lestari, N., & Kusmiyati, K. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2014/2015. Jurnal pijar MIPA, 10(2).
Aini, Z., Ramdani, A., & Raksun, A. (2018). Perbedaan Penguasaan Konsep Biologi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Guided Inquiry di MAN 1 Praya. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 19-23.
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99.
Susilawati, S., Jamaluddin, J., & Bachtiar, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Berbantuan Multimedia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Vii SMP Negeri 2 Mataram Ditinjau Dari Kemampuan Akademik. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 64-70.
Ishak, M., Jekti, D. S. D., & Sridana, N. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Dan Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SDN 13 Ampenan. Jurnal Pijar Mipa, 12(1).
Rusydi, A. I., Hikmawati, H., & Kosim, K. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 124-131.
Maspupah, M., Hidayat, A., & Latifah, R. (2018). Penerapan model pembelajaran cooperatif integrated reading and composition (CIRC) dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bojongsoang pada materi sistem ekskresi. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 34ââ¬â42.
Ningrum, A. S., Lestari, N., & Kusmiyati, K. (2018). Perbedaan Hasil Belajar IPA Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dengan Tipe Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 37-44.
Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). Model pembelajaran problem solving dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Journal of Biology Education, 1(3).
Tureni, D. (2014). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Mind Mapping Dalam Mata Kuliah Fisiologi Hewan Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Tadulako. Jurnal Kreatif Tadulako, 17(2).
Sari, E. N., Ridlo, S., & Utami, N. R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi SEL di SMA. Unnes Science Education Journal, 5(3).
Kristaliya, D. (2013). Efektivitas Penggunaan Mind Mapping Dan Concept Map Untuk Pendalaman Materi IPA Biologi Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Murni, I. D. A. M., Dantes, N., & Lasmawan, I. W. (2014). Pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari motivasi berprestasi pada siswa kelas VI SD. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1).
Sulistyorini, I. K., Joyoatmojo, S., & Wardani, D. K. (2018). Implementasi model pembelajaran quantum learning dengan menggunakan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(2), 1ââ¬â18.
Hayati, W. I., Utaya, S., & Astina, I. K. (2016). Efektivitas student worksheet berbasis project based learning dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pelajaran geografi. Jurnal Pendidikan, 1(3), 468ââ¬â474.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9ââ¬â21.
Syofyan, H., & Halim, A. (2016). Penerapan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran Ipa Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers UNISBANK (SENDI_U) KE-2 Tahun.
Author Biographies
Fendy Hardian Permana, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
Dwi Setyawan, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas FKIP Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).