Keterampilan Generik Sains Melalui Model Pembelajaran Perubahan Konseptual pada Materi Alat-Alat Optik Peserta Didik

Authors

Sudianah Sudianah , Muh. Makhrus , Muhammad Taufik

DOI:

10.29303/jpm.v16i1.1394

Published:

2021-01-09

Issue:

Vol. 16 No. 1 (2021): Januari 2021

Keywords:

Perubahan Konseptual, Keterampilan Generik Sains

Articles

Downloads

How to Cite

Sudianah, S., Makhrus, M., & Taufik, M. (2021). Keterampilan Generik Sains Melalui Model Pembelajaran Perubahan Konseptual pada Materi Alat-Alat Optik Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 18–23. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.1394

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan generik sains peserta didik saat proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA SMAN 6 Mataram dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Keterampilan generik sains diperoleh pada saat prosesà pembelajaran dengan menggunakan LKPD. Keterampilan generik sains peserta didik pada saat pembelajaran, diperoleh bahwa kelas kontrol termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan kelas eksperimen termasuk dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran perubahan konseptual baik digunakan untuk mengembangkan keterampilan generik sains pada materi alat-alat optikà peserta didik SMAN 6 Mataram.

References

Widiati, S.I., Indrawati., & Subiki. (2013). Peningkatan Keterampilan Generik Sains dan Hasil Belajar IPA Fisika dengan Model Learning Cycle 5E disertai Metode Eksperimen pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Maesan. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(3), 300-308.

Kusdiwelirawan, A., Hartini, T. I., & Najihah, A. R. (2015). Perbandingan Peningkatan Keterampilan Generik Sains antara Model Inquiry Based Learning dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1(2), 19-23.

Agustinaningsih, W., Sarwanto., & Suparmi. (2014). Pengembangan Instruksi Praktikum Berbasis Keterampilan Generik Sains pada Pembelajaran Fisika Materi Teori Kinetik Gas Kelas XI IPA SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Inkuiri, 3(1), 50-61.

Sarar, M. M. A. (2014). The Effect Of Using Stepanââ¬â¢s Model Of Conceptual Change on The Modification Of Altaernative Mathematical Concepts and The Ability Of Solving Mathematical Problems Of Ninth Grade Studnts in Jordan. European Scientific Journal, 10(22), 191-203.

Ardhana, W., Purwanto, Kaluge, L., dan Satyasa, I.W. (2004). Implementasi Pembelajaran Inovatif untuk Pemahaman dalam Belajar Fisika di SMU. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(2), 152-168.

Makhrus, M., Nur, M., dan Widodo, W. (2014). Model Perubahan Konseptual dengan Pendekatan Proses kognitif (MPK-PKK). Jurnal Pijar (ISSN: 1907-1744), 9 (1), 20-25.

Sudewa, P. H., Suma, K., dan Oktofa, D. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Perubahan Konseptual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMKN 3. Jurnal Wahana Matematika dan Sains, 8(1), 61-76.

Sholehah, S. dan Suyono. (2014). Reduksi Miskonsepsi dengan Model Pembelajaran Conceptual Change pada Konsep Stoikiometri. Unesa Journal Of Chemical Education (ISNN: 2252-9454), 3(3), 161 ââ¬â 168.

Pebriyanti, D., Sahidu, H., dan Sutrio. (2015). Efektifitas Model Pembelajaran Perubahan Konseptual nntuk Mengatasi Miskonsepsi Fisika pada Siswa Kelas X SMAN 1 Praya Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (ISNN. 2407-6902), 1(1), 92 ââ¬â 147

Author Biographies

Sudianah Sudianah, 1Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Mataram

Muh. Makhrus, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

Muhammad Taufik, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).