Swishmax dalam Pengembangan Media Pembelajaran Struktur Aljabar
DOI:
10.29303/jpm.v15i3.1548Published:
2020-06-13Issue:
Vol. 15 No. 3 (2020): JuniKeywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Swishmax, materi Grup dan SubgrupArticles
Downloads
Additional Files
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbantuan swishmax pada materi grup dan subgrup, mengetahui kelayakan produk serta respon mahasiswa untuk mencapai pembelajaran yang efektif, efisien dan menarik. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu Define, Design, Development, and Disseminate. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan matematika UIN Raden Intan Lampung. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, angket, observasi, dan tes. Hasil penilaian validasi ahli materi terhadap media ini termasuk dalam kategori valid dengan skor rata-rata sebesar 3,51 dari rata-rata skor tertinggi 4,00. Penilaian ahli media terhadap media ini termasuk dalam kategori valid dengan skor rata-rata sebesar 3,49 dari skor rata-rata tertinggi 4,00. Pada uji coba kemenarikan skala kecil yang diikuti oleh 10 mahasiswa kelas VD memperoleh skor rata-rata yaitu 3,43 dari skor tertinggi dengan rata-rata 4,00 berdasarkan hasil dari angket kemenarikan media pembelajaran swishmax merupakan kriteria sangat menarik. Pada uji coba lapangan skala besar yang diikuti oleh 31 mahasiswa kelas VC skor rata-rata kemenarikan yang diperoleh yaitu 3,37 pada kriteria sangat menarik. Kualitas keefektifan produk dilihat dari tes hasil belajar. Hasil penelitian dan pengolahan data menggunakan uji effect size dengan hasil 0,70 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Swishmax Pada Materi Grup dan Subgrup layak dan efektif untuk dijadikan alat bantu pembelajaran.
References
Wisudawan, Wahyudin, Benny Hendriana, Ishaq Nuriadin, and Harry Ramza, (2017). Pengembangan Aplikasi Math Mobile Learning Bangun Datar Berbasis Android Pada Materi Segitiga Dan Segiempat Pelajaran Matematika Di Tingkat SMP. Seminar Nasional TEKNOKA, 2 1ââ¬â13
Indariani, Artisa, Nur Ayni, Surya Amami Pramuditya, and Muchamad Subali Noto (2019). Teknologi Buku Digital Matematika Dan Penerapan Potensialnya Dalam Distance Learning. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3, 1ââ¬â12
Ratnasari, Nining, Nilawati Tadjudin, Muhammad Syazali, Mujib, and Siska Andriani. (2018). Project Based Learning (PbBL) Model on the Mathematical Representation Ability. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3, Nomor 1, 47-53.
Putra, R.W.Y., & Ruli, A. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39-47.
Sari, Fiska Komala, Farida, and M.Syazali (2016). Pengembangan MediaPembelajaran (Modul) Barbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7.
Lestari, Nur Ani, and Istiqomah, "Pengembangan Multimedia Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Pokok Bahasan Trigonometri Di SMK", Union: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (2017), 253ââ¬â62
Hadiprayitno, Gito, and Muh. Makhrus (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash Berorientasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected. J. Pijar MIPA, Volume 6, Nomor 2.
Surachman, Mardhika, Muntari, and Lalu Rundyat Telly Savalas (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Pokok Sistem Koloid. J. Pijar MIPA, Volome 9, Nomor 2.
Hendriyani, Yeka, Vera Irma Dekianti, and Lativa Mursyida (2017). Persepsi Penggunaan Swishmax Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Oleh Guru Sekolah Dasar Di Gugus 3 Kamang Magek Kabupaten Agam. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, Volume 10, Nomor 3.
Riska, Dispi, Muhammad Afandi, and Mardiah Astuti (2019). Pengemabngan Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Swishmax Di MIN 2 Palembang. Al-Mudarris: Journal of education, Volume 2, Nomor 2.
Anesia, Regita, Bambang Sri Anggoro, and Indra Gunawan (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Indonesia Journal of Science and mathematic Education 1(1), 53-57.
Aquami, Muhamad Afandi, and Andi Putra Sairi (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran IPA MI/SD. Al-Mudarris Journal Of Education, Volume 2 Nomor 1.
Armyani, Ida Ayu Putu, and Didik Martedi (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Program Microsoft Power Point Pada Pokok Bahasan Organisasi Kehidupan Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013. J. Pijar MIPA, 10(2)
Pradipta Purbo Suwansono Kharisma Resi, Widjianto (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Fisiska Berbasis Multimedia Dengan Swishmax 4 Pada Materi Kinematika Gerak Lurus Untuk Siswa SMA, 13.
Ihsan, M. S., Ramdani, A., and Hadisaputra, S. (2019). Pengembangan E-Learning Pada Pembelajran Kimia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. J. Pijar MIPA, 14(2), 84-87
Arda, Sahrul Saehana, and Darsikin (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa Smp Kelas Viii. E-Jurnal Mitra Sains, 1, 69ââ¬â77
Siamy, Lailatul, Farida, and Muhamad Syazali (2018). Media Belajar Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Desimal: Jurnal Matematika, 1, 113ââ¬â17
Aini, Asro Nur, Bambang Sri Anggoro, and Fredi Ganda Putra (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Transportasi Berbantuan Sparkol. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 287ââ¬â96
Maulana, Hutomo Atman (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Software Swishmax Pada Materi Segiempat Kelas VII SMP. MATH EDUCA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1, 37ââ¬â50
Sugiono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Developmentââ¬â¢ Bandung: Alfabeta. 37-38
Budiyono, Agus (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Argument Based Science Inquiry (ABSI) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berargumentasi. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan Dan Sains, 4 No.1, 84-93. h. 88.
Author Biographies
Reni Ulfa Sari, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
Farida Farida, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
Siska Andriani, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
Bambang Sri Anggoro, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).