Analisis Validasi Media Pembelajaran Tangki Riak Gelombang

Authors

Susilawati Susilawati , Ahmad Harjono , Aris Doyan , Miftahul Jana , S Hakim

DOI:

10.29303/jpm.v15i5.2016

Published:

2020-11-30

Issue:

Vol. 15 No. 5 (2020): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan Pengkajian Ilmu dan Pengajaran MIPA

Keywords:

Gelombang, Media Pembelajaran, Tangki Riak

Articles

Downloads

How to Cite

Susilawati, S., Harjono, A., Doyan, A., Jana, M., & Hakim, S. (2020). Analisis Validasi Media Pembelajaran Tangki Riak Gelombang. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 533–536. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2016

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran materi gelombang kelas XI SMA khususnya gelombang air. Media pembelajaran yang dimaksud adalah tangki riak gelombang yang dapat membantu siswa untuk menguasai konsep gelombang pada permukaan air. Penelitian ini berupa penelitan dan pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh tahapan, akan tetapi dalam penelitian ini hanya mengikuti lima langkah. Data diperoleh dari hasil validasi media tangki riak oleh ahli meliputi bentuk media, keseuaian konsep yang diterapkan pada media, dan kemudahan untuk menggunakan media tangki riak. Sebagai pendukung penggunaan media tangki riak dalam pembelajaran, penggunaan media dilengkapi dengan petunjuk dan lembar kerja. Penggunaan media pembelajaran tangki riak bertujuan untuk membantu penguasaan konsep siswa dalam materi gelombang dan membangkitkan kreatifitas siswa.

References

Susanti, A., & Wijayanti, A. (2017). Think Pair Share: Hasil Belajar IPA dan Kerjasama Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 12(2). 55-56.

Nurussaniah, N., Trisianawati, E., & Sari, I. N. (2017). Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Calon Guru Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(2), 233-240.

Maesaroh, M., & Yusuf, I. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Gelombang Di SMA Negeri 1 Manokwari. Jurnal Pancaran, 2(5), 77-90.

Galloway, K. R., & Bretz, S. L. (2015). Development of an assessment tool to measure studentsââ¬â¢ meaningful learning in the undergraduate chemistry laboratory. Journal of Chemical Education, 92(7), 1149-1158.

Roth, Wolffââ¬ÂMichael. "Experimenting in a constructivist high school physics laboratory." Journal of research in Science teaching 31, no. 2 (1994): 197-223.

Hofstein, A., & Lunetta, V. N. (2004). The laboratory in science education: Foundations for the twentyââ¬Âfirst century. Science education, 88(1), 28-54.

Sundari, T., Pursitasari, I.D., Heliawati, L. 2017. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Praktikum Pada Topik Laju Reaksi. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains),6(2),1340-1347.

Wang, J. J., RodriÃÂguez NuÃÂnÃÆez, J. R., Maxwell, E. J., & Algar, W. R. (2016). Build your own photometer: A guided-inquiry experiment to introduce analytical instrumentation. Journal of Chemical Education, 93(1), 166-171.

Clark, Richard E., and Terrance G. Craig. "Research and theory on multi-media learning effects." In Interactive multimedia learning environments, pp. 19-30. Springer, Berlin, Heidelberg, 1992.

Kozma, Robert B. "Learning with media." Review of educational research 61, no. 2 (1991): 179-211.

Anam, M., Khoirul, A. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal.39ââ¬â40.

Lazonder, A. W., & Harmsen, R. (2016). Meta-analysis of inquiry-based learning: Effects of guidance. Review of educational research, 86(3), 681-718.

Jannah, L., Nur, M., & Suyono, S. (2017). Desain Bahan Ajar Materi Gelombang Dan Bunyi Model Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1196-1203.

Khasanah, B. U., Doyan, A., Gunawan, G., Susilawati, S., Kartini, K., Hakim, S., & Muliyadi, L. (2019). Analysis Validation of Learning Media Quantum Phenomenon. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 5(2), 189-193.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Yogyakarta:Alfabeta Bandung.

Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 98-104.

Hardiyansyah, A., Doyan, A., Jufri, A. W., Susilawati, S., & Jamaluddin, J. (2019). Analysis of Validation Development of Learning Media of Microscope Digital Portable Auto Design to Improve Student Creativity and Problem-Solving Ability. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 5(2), 228-232.

Author Biographies

Susilawati Susilawati, Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

Ahmad Harjono, Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

Aris Doyan, Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

Miftahul Jana, Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

S Hakim, Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).