Faktor Internal Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Matematika Sekolah Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Univeristas Mataram

Authors

Sripatmi Sripatmi , Nurul Hikmah , Ketut Sarjana , Junaidi Junaidi

DOI:

10.29303/jpm.v15i5.2032

Published:

2020-11-30

Issue:

Vol. 15 No. 5 (2020): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan Pengkajian Ilmu dan Pengajaran MIPA

Keywords:

Attitude, Interest, Motivation, Learning Habit.

Articles

Downloads

How to Cite

Sripatmi, S., Hikmah, N., Sarjana, K., & Junaidi, J. (2020). Faktor Internal Yang Mempengaruhi Tingkat Pemahaman Matematika Sekolah Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Univeristas Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 473–477. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2032

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Mahasiswa pendidikan matematika FKIP Universitas Mataram harus mengusai matematika sekolah sebagai bagian dari kompetensi professional calon guru. Fakta menunjukkan pemahaman matematika mahasiswa sangat rendah sehingga penting untuk mendapatkan data tentang kriteria faktor-faktor internal yang mempengaruhi tingkat pemahaman matematika sekolah mahasiswa pendidikan matematika FKIP Unram. Untuk itu dilakukan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2015 sampai 2019 dengan sampel sebanyak 214 mahasiswa dipilih dengan metode Cluster Random Sampling. Berdasarkan hasil analisis diperoleh sikap mahasiswa terhadap matematika berada pada kategori positif dengan rata-rata 80,7, Minat mahasiswa terhadap matematika berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata 64,9,à motivasi berprestasi mahasiswa berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata 112,9, dan kebiasaan belajar mahasiswa berada pada kategori baik dengan rata-rata 58. Korelasi antara masing-masing faktor diperoleh minat mahasiswa memiliki korelasi yang kuat dengan kebiasaan belajar yaitu 0,61 sedangkan faktor-faktor internal lain memiliki korelasi sedang dan sikap terhdap kebiasaan belajar memiliki korelasi lemah. Berdasarkan data-data terkait dengan sikap, minat, motivasi berprestasi, dan kebiasaan belajar menunjukkan hal yang positif disebabkan karena sampel penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika. Sehingga perlu diadakan penelitian lanjutan untuk mendapatkan faktor lain yang menyebabkan rendahnya pemahaman mahasiswa pendidikan matematika terhadap matematika sekolah.

References

Trisnowali, A. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sman 2 Watampone. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(2), 259-278.

Wanasari, W. (2018). Pengaruh Minat Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Nurrahmah, A. (2015). Pengaruh Kecerdasan Logik Matematika dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).

Liberna, H., & Nurdeni, M. (2012). Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika (Survey Pada SMA Di Kecamatan Ciledug Tangerang). Jurnal Fourier, 1(2), 43635.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku konsumen. Jakarta: Kencana.

Jufrida, J., Kurniawan, W., Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Maya, W. A. (2019). Students' Attitude and Motivation in Mathematical Physics. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(3), 401-408.

Mata, M. D. L., Monteiro, V., & Peixoto, F. (2012). Attitudes towards mathematics: Effects of individual, motivational, and social support factors. Child development research, 2012.

Robbin, S.P., & Judge,T. A. (2008). Perilaku organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Tan,T. (2017). Teaching is an art: maximaze your teaching. Yogyakarta: deepublish.

Jennings, C. M., Jennings, J. E., Richey, J., & Dixon-Krauss, L. (1992). Increasing interest and achievement in mathematics through children's literature. Early Childhood Research Quarterly, 7(2), 263-276.

Badaruddin, A. (2015). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui konseling klasikal. CV Abe Kreatifindo.

Hannula, M. S. (2006). Motivation in mathematics: Goals reflected in emotions. Educational studies in mathematics, 63(2), 165-178.

Middleton, J. A., & Spanias, P. A. (1999). Motivation for achievement in mathematics: Findings, generalizations, and criticisms of the research. Journal for research in Mathematics Education, 65-88.

Susana, T. (2007). PR dan Pelajaran Sulit Bisa Menyenangkan. Yogyakarta: Kanisius.

Maja, I. (2013). Pengaruh Motivasi, Metode Pembelajaran Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Teknik Di Politeknik Negeri Sriwijaya (Studi Penelitian Pada Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia). Orasi Bisnis: Jurnal Ilmiah Administrasi Niaga, 9(3).

Siagian, R. E. F. (2012). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika. JURNAL FORMATIF, 2(2), 122-131.

Muntari, W., Candiasa, M., & Dantes, N. (2013). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Amlapura. Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1), 1-11.

Nendi,F., Dantes, N., & Suarni, N.K., (2013). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Disertai Asesmen Kinerja Terhadap Prestasi Belajar Konsep Dasar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik dan Motivasi Berprestasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 3(1), 13-44.

Gorman, R. M. (1974).The Psychology Of Classroom Learning. Columbus: A Bell & Howell.

Corrigan, P. W. (2000). Mental health stigma as social attribution: Implications for research methods and attitude change. Clinical psychology: science and practice, 7(1), 48-67.

Hannula, M. S. (2002). Attitude towards mathematics: Emotions, expectations and values. Educational studies in Mathematics, 49(1), 25-46.

Author Biographies

Sripatmi Sripatmi, Universitas Mataram

Nurul Hikmah, Universitas Mataram

Ketut Sarjana, Universitas Mataram

Junaidi Junaidi, Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).