Pengembangan Modul Praktikum Kimia Lingkungan Berbasis Green Chemistry Pada Mata Kuliah Kimia Lngkungan

Authors

Syarifa Wahidah Al Idrus , Agus Abhi Purwoko , Saprizal Hadisaputra , Eka Junaidi

DOI:

10.29303/jpm.v15i5.2171

Published:

2020-12-09

Issue:

Vol. 15 No. 5 (2020): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan Pengkajian Ilmu dan Pengajaran MIPA

Keywords:

Pengembangan, Modul Praktikum Kimia Lingkungan, Green Chemistry

Articles

Downloads

How to Cite

Al Idrus, S. W., Purwoko, A. A., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Lingkungan Berbasis Green Chemistry Pada Mata Kuliah Kimia Lngkungan. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 541–547. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2171

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat berdampak negatif terhadap kondisi lingkungan. Hal ini mengkhawatirkan semua pihak, tak terkecuali praktisi Pendidikan. Kontribusi dalam bidang Pendidikan yang dapat dilakukan adalahà dengan merancang proses pembelajaran yang peduli terhadap lingkungan. Dalam pendidikan kimia, penerapan prinsip Green Chemistry dalam kegiatan laboratorium diharapkan mampu menjawab tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Modul Praktikum kimia lingkungan berbasisà Green Chemistry yang dapat digunakan mahasiswa sebagai penuntun pelaksanaan praktikum yang aman dan ramah lingkungan pada mata kuliah Kimia Lingkungan . Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D),dengan prinsip pengembangan media menurut William W. Lee dan Diana L. Owens . Sasaran penelitian ini adalah kelayakan modul praktikum berdasarkan penilaian ahli (dosen Kimia) dan respon mahasiswa. Hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Analisis data menunjukkan penilaian dosen kimia dengan kategori ââ¬Åsangat baikââ¬Â dengan rerata skor diatas 3,4. Respon mahasiswa menunjukkan modul praktikum sangat efektif dengan respon positif dengan rata rata setiap aspek diatas 0,49. Jadi, Modul Praktikum kimia lingkungan berbasis green chemistry yang dikembangkan sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran Kimia lingkungan.

References

. Measey, M. (2010). Indonesia: a vulnerable country in the face of climate change. Global Majority E-Journal, 1(1), 31-45.

. Case, M., Ardiansyah, F., & Spector, E. (2007). Climate change in Indonesia: implications for humans and nature. Climate change in Indonesia: implications for humans and nature.

. Syaukat, Y. (2011). The impact of climate change on food production and security and its adaptation programs in Indonesia. J. ISSAAS, 17(1), 40-51.

. Zelezny, L. C., & Schultz, P. W. (2000). Psychology of promoting environmentalism: Promoting environmentalism. Journal of Social Issues, 56(3), 365-371.

. Aniela, Y. (2012). Peran Akuntansi Lingkungan Dalam Meningkatkan Kinerja Lingkungan Dan Kinerja Keuangan Perusahaan. Berkala Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(1).

. Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46.

. Ari Laksmi, I. G. A. (2014). Analisa Pengelolaan Alat dan Bahan Praktikum pada Laboratorium Kimia: Studi Kasus di SMA N 1 Seririt. eJournal Kimia Visvitalis.

. Dash, S. (2014). Green Chemistry: An Essential of an Hour: A reviw. Asian Journal of Biochemical and Pharmaceutical Research, 2(4), 1-3.

. Redhana, I. W. (2014). Menghijaukan Kurikulum Kimia untuk Mencapai Pembangunan Berkelanjutan. Orasi Ilmiah Pengenalan Guru Besar Tetap dalam Bidang Pendidikan Kimia. Singaraja: Undiksha.

. Singh,A.,Singh, S., Singh, N. (2014). Green Chemistry: Sustainability an Innovative Approach. Journal of Applied Chemistry, 2(2): 77-82.

. Amyyana, A. H., Paristiowati, M., & Kurniadewi, F. (2017). Pirolisis Sederhana Limbah Plastik dan Implementasinya Sebagai Sumber Belajar Berbasis Education for Sustainable Development (ESD) Pada Pembelajaran Kimia. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(1), 14-21.

. Burmeister, M., Rauch, F., & Eilks, I. (2012). Education for Sustainable Development (ESD) and chemistry education. Chemistry Education Research and Practice, 13(2), 59-68.

. Hamidah, N., Prabawati, S. Y., Fajriati, I., & Eilks, I. (2017). Incorporating sustainability in higher chemistry education in Indonesia through Green Chemistry: Inspirations by inquiring the practice in a German University. International Journal of Physics & Chemistry Education, 9(1), 1-7.

. Karpudewan, Mageswary., Ismail, Zurida., & Mohamed, Norita. (2011). ââ¬ÅGreen Chemistry: Educating Prospective Science Teachers in Education for Sustainable Development at School of Educational Studies, USMââ¬Â. Journal of Social Sciences. Vol. 7, No. 1, pp. 4250

. Aubrecht, K. B., Padwa, L., Shen, X., & Bazargan, G. (2015). Development and Implementation of A Series of Laboratory Field Trips for Advanced High School Students to Connect Chemistry to Sustainability. Journal of Chemical Education, 92(4), 631-637

. Karpudewan et al., (2015) The Effects of ââ¬ÅGreen Chemistryââ¬Â on Secondary School Studentsââ¬â¢ Understanding and Motivation. The Asia Pasific Education Researcher 24, 35-43.

. Riduwan. (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

. Fidiana, L., Bambang, S., dan Pratiwi, D. (2012). Pembuatan dan Implementasi Modul PraktikumFisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI. Unnes Physics Education Journal, 1(1):38-44

. Hidayati, T., Sunyoto, E., Nugroho, dan Sudarmin. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik untuk Mengidentifikasi Keterampilan Proses Sains dengan Tema Energi pada Pembelajaran IPATerpadu. Unnes Science Education Journal, 2(2):311-319.

Author Biographies

Syarifa Wahidah Al Idrus, Program studi pendidikan kimia, Jurusan PMIPA Universitas Mataram

Kemendikbud, teacher

Agus Abhi Purwoko, Program studi pendidikan kimia, Jurusan PMIPA Universitas Mataram

Saprizal Hadisaputra, Program studi pendidikan kimia, Jurusan PMIPA Universitas Mataram

Eka Junaidi, Program studi pendidikan kimia, Jurusan PMIPA Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).