PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN TIPE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 MATARAM

Authors

Arilda Setiya Ningrum , Nur Lestari , Kusmiyati Kusmiyati

DOI:

10.29303/jpm.v13i1.467

Published:

2018-03-31

Issue:

Vol. 13 No. 1 (2018): MARET

Articles

Downloads

How to Cite

Setiya Ningrum, A., Lestari, N., & Kusmiyati, K. (2018). PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN TIPE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 19 MATARAM. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 37–44. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.467

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Biologi pada siswa kelas VII menggunakan model pembelajaran tipe Team Asissted Indovidualization (TAI) dengan model pembelajaran Mind Mapping di SMPN 19 Mataram tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest non-control group design. Populasinya adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 19 Mataram. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah tes objektif dan tes subjektif untuk hasil belajar kognitif, lembar observasi siswa untuk hasil belajar afektif dan psikomotorik. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t polled varians dengan taraf signifikansi 5%. Data yang diuji dengan uji-t adalah data gain score. Hasil uji-t untuk data hasil belajar kognitif didapatkan bahwa thitung > ttabel yakni 2,16 > 1,99. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan model pembelajaran Mind Mapping di SMP Negeri 19 Mataram tahun ajaran 2017/2018.

à

This research aimed to determine the difference of science biology learning outcomes in VII grade students through the application of Team Assisted Individualization (TAI) learning model with Mind Mapping learning model at SMPN 19 Mataram academic year 2017/2018. The type of research was a comparative research. Pretest-posttest non-control group design was used as the design of this research. The population is the entire class VII SMP Negeri 19 Mataram. Samples were determined by simple random sampling technique that has chosen VII C as experiment class I and VII D as experiment class II. Objective and subjective tests were used to measure student achievement for cognitive student achievement, student observation sheets for effective and psychomotor student achievement. The data obtained were analyzed by t-test polled variance with a significance level of 5 %. The data tested by the t-test is the gain score data. Result of t-test for cognitive learning has found tcount à> àttable that 2,16 > 1,99. The data analysis showed a difference in student learning result using TAI learning model with Mind Mapping learning model at SMP Negeri 19 Mataram academic year 2017/2018.

References

Huda, K., Kirana, T., & Soetjipto, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Dengan Teknik Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Biologi SMA. JPPS: Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 4(2), 525-534.

Helmahria, H., Hamid, A., & Sunarti, S. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Dengan Pendekatan Brain Based Learning. Quantum (Jurnal Inovasi Pendidikan Sains), 8(1), 36-42.

Hirzi, R. H., Sripatmi, S., & Hapipi, H. (2015). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada pembelajaran segiempat untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa smpn 1 lingsar kelas vii-1 tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pijar MIPA, 10(1).

Raksun, A. (2009). Implementasi Pembelajaran Kooperatifuntuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisikafkipuniversitas Mataram Padamatakuliah Biologi Dasar. Jurnal Pijar MIPA, 4(1).

Yulianti, R., Muntari, M., & Haris, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (tsts) dengan pendekatan brain-based learning terhadap hasil belajar kimia materi pokok struktur atom dan sistem periodik unsur pada siswa kelas x sman 1 kediri. Jurnal Pijar MIPA, 10(1).

Aini, Z., Ramdani, A., & Raksun, A. (2018). Perbedaan Penguasaan Konsep Biologi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Guided Inquiry di MAN 1 Praya. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 19-23.

Gayatri, I. G. A. S., Jekti, D. S. D., & Jufri, A. W. (2013). Efektifitas pembelajaran berbasis masalah (PBM) dan strategi kooperatif terhadap kemampuan menyelesaikan masalah dan hasil belajar kognitif biologi ditinjau dari kemampuan akademik awal siswa kelas X SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 8(2).

Kurniati, N., & Turmuzi, M. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Pada Perkuliahan Program Linier Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester Iv Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 11(2).

Ishak, M., Jekti, D. S. D., & Sridana, N. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Dan Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SDN 13 Ampenan. Jurnal Pijar Mipa, 12(1).

Bayuaji, P., Hikmawati, H., & Rahayu, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (Sfae) Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 12(1).

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Teori dan Asesmen. Bandung.

Sari, H., Yeni, L. F., & Wahyuni, E. S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Disertai Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 6(4).

Fatimah, N. F., Saputro, S., & Setyowati, W. A. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (Tai) Dilengkapi Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Hierarki Konsep Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Redoks Kelas X. 4 SMA Negeri 1 Ngemplak. Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1), 69-75.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya : Pustaka Pelajar.

Buzan, Tony. 2007. Alih Bahasa Susi Purwoko. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Maryani, N.W., A.A.I.N. Marhaeni, M. Sutama. 2013. Pengaruh Implementasi Strategi Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Menulis Kreatif Ditinjau Dari Kreativitas Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (Volume 3 Tahun 2013).

Latifah, R., Latifah, R., Hidayat, A., & Hidayat, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Bojongsoang Pada Materi Sistem Ekskresi (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Slavin, Robert. E. 1995. Cooperative Learning: Theory Research And Practice. Boston: Allyn and Balon.

Fitriani, I. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pkn Melalui Model Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Media Audivisual Pada Siswa Kelas SDN Bringin 02 Kota Semarang. Fitriani, I. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pkn Melalui Model Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Media Audivisual Pada Siswa Kelas SDN Bringin 02 Kota Semarang. Semarang: Universitas Mataram (Skripsi).

Alpenli, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Modifikasi Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Peserta Didik Kelas Viii MTsN 1 Pringsewu Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Sulman, N. (2017). Komparasi Keefektifan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Dan Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Tarim, K.., Akdeniz, F. 2008. The Effects Of Cooperative Learning On Turkish Elementary Students' Mathematics Achievement And Attitude Towards Mathematics Using T.A.I. And S.T.A.D. Methods. Educational Studies in Mathematics, 67, 1. 77-91

Andika, I A Riska Wikantary, I Km Ngurah W., I G A Agung S. A., (2015). Penerapan Mind Mapping Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajara Pkn Dan Pengetahauan Metakognitif Tema Cita- Citaku Pada Siswa Kelas IVa SD Negeri 1 Tonja. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3. 1.

Imaduddin, Muhammad Chomsi dan Unggl Haryanto Nur Utomo. (2012). Efektifitas Metode Mind Mapping Untukmeningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII. Humanitas, Vol. IX No.1 Januari 2012.

Lestari, W. A. U., R. Wakhid A., Arif M., (2012). Penggunaan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa MTs Negeri Purworejo. Radiasi.1, l.1.

Sari, H., Yeni, L. F., & Wahyuni, E. S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Disertai Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 6(4).

Author Biographies

Arilda Setiya Ningrum, Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram

Nur Lestari, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram

Kusmiyati Kusmiyati, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).