EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA

Authors

Nestri Indah Wulandari , Astuti Wijayanti , Widodo Budhi

DOI:

10.29303/jpm.v13i1.538

Published:

2018-03-31

Issue:

Vol. 13 No. 1 (2018): MARET

Articles

Downloads

How to Cite

Wulandari, N. I., Wijayanti, A., & Budhi, W. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 51–55. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.538

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dengan pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan berkomunikasi siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi ekperimen. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA yang menggunakan model Problem Based Learning memperoleh skor rerata 21,22 dan pembelajaran langsungà memperoleh skor rerata 18,09. Kemampuan berkomunikasi yang pembelajarannya menggunakan Problem Based Learning memperoleh skor rerata 96,00 dan pembelajaran langsung termasuk memperoleh skor rerata 90,00. Sehingga dapat dinyatakan ada perbedaan yang signifikan. Kesimpulannya, ada signifikan, sehingga ada perbedaan hasil belajar Ipa siswa kelas VII SMP Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 antara pembelajaran menggunakan Problem Based Learning dengan pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan berkomunikasi siswa.

The objective of this study is to know the difference of science learning outcomes between learning using Problem Based Learning model and direct learning observed from studentsââ¬â¢ communication skill. This research is quasi-experiment. This study was conducted at the Junior High School 11 Yogyakarta in the academic year of 2016/2017. The study showed that the average score of science learning outcomes which uses Problem Based Learning model was 21.22, whereas direct learning got the average score of 18.09. Communication skill that the learning process uses Problem Based Learning got the average score of 96.00 whereas direct learning got the average score of 90.00. In conclusion, there is significance, so there is the difference of science learning outcomes of students of class VII of SMP Negeri 11 Yogyakarta academic year 2016/2017 between learning using Problem Based Learning with direct learning in terms of students' communication ability.

à

References

Wijayanti, A. (2016). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe tgt sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep fisika dasar mahasiswa pendidikan IPA. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).

Al-idrus, S. Q. M. J., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video kartun terhadap hasil belajar fisika siswa kelas xi sman 1 sikur tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Pijar MIPA, 10(1).

Susilawati, S., Jamaluddin, J., & Bachtiar, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Berbantuan Multimedia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Vii SMP Negeri 2 Mataram Ditinjau Dari Kemampuan Akademik. Jurnal Pijar Mipa, 12(2).

Bekti Wulandari dan Herman Dwi Surjono. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PIC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 3 (2), 178-191

Suryani, I. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 2 Polewali. bionature, 16(2).

Susanti, A., & Wijayanti, A. (2017). Think Pair Share: Hasil Belajar IPA dan Kerjasama Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 12(2).

Kamaruzzaman. 2016. Analisis Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Konseling. 2 (2), 202-210

Dewi, N. L. K. L., Suwatra, I. I. W., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Tahun Pelajaran 2013/2014 Di SD Segugus 1 Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Fathonah, N., Ibnu, S., & Suharti, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Jurnal Belajar Terhadap Kemampuan Metakognitif. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).

Wuryastuti, S. (2008). Inovasi pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9, 13-19.

Maaruf Fauzan. Et al. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Haisl Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 27-35.

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1), 5-9.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).

Author Biographies

Nestri Indah Wulandari, Pendidikan IPA Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Astuti Wijayanti, Pendidikan IPA Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Widodo Budhi, Pendidikan Fisika UST

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).