Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Alat Peraga Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika
DOI:
10.29303/jpm.v14i1.959Published:
2019-03-28Issue:
Vol. 14 No. 1 (2019): MaretKeywords:
Pendekatan kontekstual, kemampuan pemecahan masalahArticles
Downloads
How to Cite
Downloads
Metrics
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendekatan kontekstual berbantuan alat peraga terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA kelas X pada materi getaran harmonis. Jenis penelitian ini adalah Quasi-experimen dengan desain penelitian non equivalent control group design with pre-test and post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPA SMAN 4 Mataram dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah peserta didik pada kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 5 sebagai kelas kontrol. Penguasaan konsep diukur dengan memberikan tes berupa pilihan ganda dan kemampuan pemecahan masalah diukur dengan memberikan tes essay.Hasil tes akhir untuk penguasaan konsep diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 60,55 dan nilai rata kelas kontrol 40,76. Hasil tes akhir pemecahan masalah diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 64,14ÃÂ dan nilai rata-rata kelas kontrol 51,55.ÃÂ Hipotesis penelitian diuji dengan Uji-t polled varians dengan taraf signifikan 5%, dan diperolehhasil thitung = 5,16 untuk penguasaan konsep danÃÂ thitung = 3,57 untuk pemecahan masalah, sedangkanÃÂ ttabel= 2,0. Berdasarkan hasil tersebut, berarti thitung lebih besar dari pada ttabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual berbantuan alat peraga berpengaruh terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik diSMAN 4Mataram tahun pelajaran 2017/2018.
References
Bayuaji, P., Hikmawati, H., & Rahayu, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (Sfae) Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 12(1).
Wijayanti, A. (2016). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe tgt sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep fisika dasar mahasiswa pendidikan IPA. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).
Al-idrus, S. Q. M. J., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video kartun terhadap hasil belajar fisika siswa kelas xi sman 1 sikur tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Pijar MIPA, 10(1).
Sani, L. N., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Media Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMAN 1 Kopang. Jurnal Pijar MIPA, 13(1), 13-18.
Hikmawati, H. (2016). Lembar Kerja Siswa Berbasis Saintifik Pada Konsep Hukum Ohm Untuk Pembelajaran Fisika Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).
Hikmawati, H. (2009). Implementasi modulfisika smpmateri pokok gerak dengan menerapkan model pengajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif. Jurnal pijar MIPA, 4(1).
Rusydi, A. I., Hikmawati, H., & Kosim, K. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 124-131.
Wina, S.H. 2013.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar ProsesPendidikan.Jakarta : Prenada Media Group.
Hapsoro, C. A., Susanto, H. 2011. Penerapan Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Alat Peraga pada Materi Cahaya di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 (2011) 28-32.
Wildani, A. 2016.Pengaruh Model Pembelajaran KontekstualReact Terhadap Penguasaan Konsep Fisika SiswaSMA Kabupaten Pamekasan. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains P-ISSN : 2337-9820.
Ariani, M. A. S., Ristiati, N. P., Setiawan, I G. A. N. 2014. Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar IPAdan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa SMP.E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Volume 4 Tahun 2014)
Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi revisi). Jakarta: Bumi aksara.
Gunawan., Harjono, A., danSutrio. 2015. Multimedia Interaktif dalamPembelajaranKonsepListrikBagi Guru. Journal Pendidikan Fisika dan Teknologi 1(1), 9-14.
Murtini, L., Aminah, N. S., Rahardjo, D. T. 2015. Eksperimentasi Pembelajaran Fisika Berbasis CTL Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi pada Materi Alat Optik ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa di SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika(SNFPF) 6 (1) 140-146.
Yulianti, D., Lestari, M., dan Yulianto, A. 2010. Penerapan Jigsaw Puzzle Competition dalam Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6 (2010) 84-89.
Asmaningrum, H. P. 2017. Efektivitas Penggunaan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Kimia dan Fisika pada Siswa Kelas IX SMP Satu Atap Wasur Merauke. Jurnal Novasi Pendidikan Sains 8 (2) 69-77.
Sujarwanto, E., Hidayat, A., dan Wartono. 2014. Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika pada Modeling Instruction pada Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 3 (1) 65-78 .
Azizah, R., Yuliati, L., Latifah, Eny. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran Interactive Demonstration Siswa Kelas X SMA pada Materi Kalor. Journal Pendidikan Fisika dan Teknologi2 (2016) 55-60.
Author Biographies
Nurul Huda, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram
Hikmawati Hikmawati, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram
Kosim Kosim, Universitas MataramProgram Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mataram
License
The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.
2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).