Transformasi Digital Madrasah: Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) Berbasis Artificial Intelligence bagi Guru MI Se-Kota Mataram
Authors
Maimun Maimun , Bahtiar Bahtiar , Ibrahim IbrahimDOI:
10.29303/jppm.v8i4.10582Published:
2025-11-23Issue:
Vol. 8 No. 4 (2025): NovemberKeywords:
tranfosrmasi digital, pembelajaran mendalam, artificial intellegence, pelatihanArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi digital guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Mataram melalui pelatihan bertema “Transformasi Digital Madrasah: Pengembangan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) Berbasis Artificial Intelligence.” Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dan diikuti oleh 35 peserta yang berasal dari berbagai madrasah di Kota Mataram. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan project-based learning yang menekankan keterlibatan aktif peserta dalam merancang pembelajaran berbasis teknologi. Kegiatan meliputi pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan pemahaman, serta pengisian angket respon guna mengetahui persepsi peserta terhadap pelatihan. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap penerapan AI dalam pembelajaran dan tumbuhnya motivasi untuk mengintegrasikan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar. Pelatihan ini tidak hanya memperkuat literasi digital guru, tetapi juga menumbuhkan kesadaran akan pentingnya inovasi pendidikan berbasis AI dalam mewujudkan madrasah yang adaptif terhadap perkembangan zaman. Dengan demikian, kegiatan ini menjadi langkah strategis dalam mendukung transformasi digital madrasah menuju pembelajaran abad ke-21 yang kreatif, kolaboratif, dan berkarakter Islami.
References
Abimanto, D., & Mahendro, I. (2023). Efektivitas penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran bahasa Inggris. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 256-266.
Bahtiar, B. (2023). The effect of self-efficacy on organizational citizenship behavior (OCB) of science teacher candidates in technology-based learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 390-401.
Bahtiar, B. (2024). The Influence of the Al-Quran Integrated Differential Learning Model on the Critical Thinking Ability of Prospective Elementary School Teachers. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Dasar, 1(2), 24-29.
Bahtiar, B., Ibrahim, I., & Maimun, M. (2022). Profile of student problem solving skills using discovery learning model with cognitive conflict approach. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(3), 1340-1349.
Bahtiar, B., Maimun, M., & Ibrahim, I. (2024). Stem-Based Physics Modules: A Practical Approach To Developing Conceptual Understanding in Teacher Education. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(2), 1137-1146.
DALIMUNTHE, I. S., FITRISIA, A., & FATIMAH, S. (2024). Transformasi digital dan filsafat kepemimpinan dalam birokrasi: Tantangan dan peluang. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 4(4), 597-611.
Gunawan, Y. I. P., & Amaludin, A. (2021). Pemanfaatan teknologi pembelajaran dalam jaringan di masa pandemi covid-19. Madaniyah, 11(2), 133-150.
Hakeu, F., Pakaya, I. I., Djahuno, R., Zakarina, U., & Tangkudung, M. (2023). Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence). Mohuyula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 36-49.
Hanila, S., & Alghaffaru, M. A. (2023). Pelatihan penggunaan artificial intelligence (AI) terhadap perkembangan teknologi pada pembelajaran siswa SMA 10 Sukarami Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Mengabdi, 2(2), 221-226.
Haq, M. A. I., Mulyani, S., & Sholeh, A. (2023). Paradigma Pembelajaran Bahasa Arab (Analisis Kontrastif Metode Pembelajaran Konvensional Dan Kontemporer). Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 2(1), 63-75.
Ibrahim, I., Ermiana, I., Hasanah, N., Rahmatih, A. N., & Putra, G. P. (2025). Analisis Kebutuhan Calon Guru SD/MI terhadap Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizizz. Journal of Classroom Action Research, 7(SpecialIssue), 557-563.
Lutfiyatun, E., Kurniati, D., & Fajriah, N. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Meningkatkan Kompetensi Pembelajaran Gramatikal, Tarjamah dan Muhadatsah Di Perguruan Tinggi. seulanga, 2(2), 93-105.
Maimun, M., & Ibrahim, I. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan Kurikulum Berbasis Moderasi Beragama Terintegrasi Teknologi Untuk Calon Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2).
Musa, P., Anam, W. K., Musa, S. B., Aryunani, W., Senjaya, R., & Sularsih, P. (2023). Pembelajaran Mendalam Pengklasifikasi Ekspresi Wajah Manusia dengan Model Arsitektur Xception pada Metode Convolutional Neural Network. Rekayasa, 16(1), 65-73.
Mutawadia, M., Jawil, J., & Al Farisi, S. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Mendalam Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa. Journal of Instructional and Development Researches, 3(6), 279-284.
Nahariah, N., & Armita, D. (2022). Pemanfaatan teknologi pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Jurnal Al-Qiyam, 3(1), 68-72.
Prastyo, Y. D., & Dos Santos, M. H. (2025). Pembelajaran Mendalam sebagai Strategi Transformasi Pendidikan: Studi Persepsi dan Aspirasi Guru Indonesia. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1073-1085.
Rahayu, C., Setiani, W. R., Yulindra, D., & Azzahra, L. (2025). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dalam Pembelajaran Mendalam (Deep Learning): Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 13(1), 9-25.
Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka belajar kampus merdeka terhadap perubahan paradigma pembelajaran pada pendidikan tinggi: Sebuah tinjauan literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2), 30-38.
Sirait, R. A., & Dewi, E. Y. (2024). Peran teknologi pembelajaran pada desain pembelajaran. Jurnal Budi Pekerti Agama Kristen dan Katolik, 2(4), 232-242.
Siswadi, G. A., & Puspadewi, I. D. A. (2025). Masa Depan Manusia di Tengah Transformasi Digital Perspektif Filsafat Teknologi Don Ihde. Acintya: Jurnal Teologi, Filsafat dan Studi Agama, 1(2), 231-250.
Syamsuddin, N. (2021). Model-model pengembangan media dan teknologi pembelajaran bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(3), 247-254. 2, G. (2022). Peran teknologi pembelajaran dalam meningkatkan literasi digital matematika. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(2), 284-291.
Syazali, M., Zain, M. I., Affandi, L. H., Ibrahim, I., Putra, G. P., Suranti, N. M. Y., & Amrullah, L. W. Z. (2025). Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Komik Berbasis Artificial Intelligence (AI) Pada Calon Guru SD. Indonesian Journal of Education and Community Services, 5(1), 15-25.
Taruklimbong, E. S. W., & Sihotang, H. (2023). Peluang dan tantangan penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26745-26757.
Wahyudi, M., Purnama, R. A., Atrinawati, L. H., & Gunawan, D. (2024). Mengeksplorasi dampak teknologi pembelajaran aktif di institusi pendidikan kejuruan menengah. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(2), 142-153.
License
Copyright (c) 2025 Maimun Maimun, Bahtiar Bahtiar, ibrahim ibrahim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).


