SELF HEALING BAGI PESERTA DIDIK DAN ORANGTUA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Eko Perianto

Abstract

Problematika yang muncul di masa pandemi covid-19 sangat beragam yang di jumpai dan dirasakan oleh peserta didik dan orangtua. Salah satu permasalahan yang muncul diantaranya permasalahan berkaitan dengan psikologis. Perasaan tidak menentu, merasa tidak mampu mengikuti pembelajaran dengan baik, membosankan karena sekolah dilaksanakan secara daring dan sebagainya. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan pemahaman kepada peserta didik dan orantua dalam menangani permasalahan-permasalah yang muncul di masa pandemic covid-19. Utamanya adalah permasalahan yang berkaitan dengan masalah psikologis yang dihadapi oleh peserta didik dan orangtua. Kegiatan pengabdian melalui daring yang diikuti oleh peserta didik dan orangtua di rumah masing-masing melalui channer online SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Melalui self healing peserta didik dan orangtua bisa menyadari bahwa permasalahan psikologis yang sedang dihadapainya dapat di selesaikan oleh dirinya sendiri. Self-healing merupakan sebuah proses untuk menyembuhkan diri dari luka batin (psikologis) yang dimiliki dengan bantuan kekuatan dalam diri sendiri.

Full Text:

PDF

References

Nur Afni Safarina, Yara Andira Anastasya dan Safuwan. (2021). Psikoedukasi manajemen waktu pada ibu bekerja selama pandemic covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyaakat. Vol. 4 No.3 hal. 286-290.

Salwa Aulia. 2020. pembelajaran daring pada masa pandemi, https://yoursay.suara.com/news/2020/07/20/175556/pembelajaran-daring-pada-masa-pandemi dikases pada 08 Oktober 2021.

Redho, Ahmad, Sofiani, Yani dan Warongan, A.W. (2019). Pengaruh self healing terhadap penurunan skala nyeri pasien post Op. Jurnal of Telenursing. Vol.1 Nomor 1 hal. 205-2014.

Diana Rahmasari. (2020). Self Healing ins knowing your own self. Unesa University Press: Surabaya.

Ida Ayu Surantini Putri. (2020). metode selg healing, cara penyembuhan luka batin dengan bantuan diri sendiri, https://bali.tribunnews.com/2020/05/29/metodeself-healing-cara-menyembuhkan-luka-batin-dengan-bantuan-diri-sendiri diakses pada 08 Oktober 2021.

Fuad Hasan. (2013). Implementasi Penanganan Trauma Psikologis

Terhadap Siswa Korban Kekerasan Seksual Melalui Terapi Self-Healing

(Studi Kasus pada Miss.X di Women’s Crisis Center Jombang), Skripsi, Istitut Agama Islam Negeri Sunan Ampel, Fakultas Ilmu

Tarbiyah dan Keguruan.

Biji Bintang Habibitasari. (2021). Self Healing Melalui Komunikasi dengan Diri Sendiri.https://stikesbanyuwangi.ac.id/self-healing-melalui-komunikasi-dengan-diri-sendiri/ diakses pada tanggal 11 Oktober 2021.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.