PROSES PRODUKSI VIDEO KARYA “PESONA BATIK BATAM” UNTUK EVENT BATAM BATIK FASHION WEEK 2021
Authors
mega lestari silalahi , Ivenna NathaniaDOI:
10.29303/jppm.v5i4.3826Published:
2022-10-17Issue:
Vol. 5 No. 4 (2022): NovemberKeywords:
produksi karya seni, batam batik fashion weekArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Produksi video karya Pesona Batik Batam adalah bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan membantu menginformasikan dan mempromosikan Batik Batam di acara Batam Batik Fashion Week. Metode dan Proses ini dilakukan dengan tiga tahapan: Pra produksi dimana tahap ini adalah bentuk diskusi dari pembentukan konsep sajian karya, penentuan lokasi, pembentukan tim kreatif yang didalamnya bekerjasama dengan Dekranasda dan Masyarakat di kota Batam. Produksi pengambilan video dilakukan di dua tempat lokasi yang menjadi obyek wisata serta Pasca Produksi adalah editing, mastering, hingga penayangan video tersebut di opening puncak Event Batam Batik Fashion Week. Hasil dari pengabdian ini menjadi salah satu bentuk hasil kolaborasi yang terbuka antara pemerintah, akademisi seni, dan masyarakat untuk bersama menciptakan karya audio visual yang dapat membantu menggaungkan produk seni kerajinan Batik lebih luas. Video karya ini berdurasi kurang lebih empat menit yang proses produksinya dilakukan selama 3 minggu dan ditayangkan perdana di malam puncak Event Batam Batik Fashion Week 2021.
References
A.S.C, J. V. (2010). Memahami Cinematography. Cataloguing: British Library.
Eunike Agatha, T. I. (2013). Perancangan Media Audio Visual Untuk Pengabdian Tanpa Batas. Inosains, 8(1), 11-19.
Fajar Akbar Alfatah, A. A. (2021). Perancangan Media Promosi Cafe Nomu9 Bites & Beverages sebagai Penguat Brand di Kota Malang. Mavis, 73.
Firdaus Noor, S. M. (2018). Sinematografi Sebagai Upaya Peningkatan Promosi Pariwisata Di Kampung Nde, Jawa Barat. IKRAITH-ABDIMAS, 1(2), 32-38.
Hamidin. (2011). Seni Berkarya dengan Sulaman Benang. Yogyakarta: Pustaka Widiya Utama.
Hamzuri. (1989). Batik Klasik. Jakarta: Sapdodadi.
Kress, G. &. (2006). Reading Images: The Grammar of Visual Design, Second Edition. New York: Routledge.
Nita Rimayanti, A. Y. (2019). Pembuatan Video Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau sebagai Media Promosi berbasis Multimedia. IT Journal Research and Development (ITJRD), 3(2), 84-95.
Pratista, H. (2008). Memahami Film. In H. Pratista. Yogyakarta: Homerian Pustaka.
Rahmitasari, D. H. (2017). Manajemen Media di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Sigit Setya Kusuma, D. H. (2020). Pendampingan dan Pembuatan Video Profile untuk Promosi Wisata Desa Cisantana Kabupaten Kuningan. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 81-88.
License
Copyright (c) 2022 mega lestari silalahi, Ivenna Nathania
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).