PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI MICROSOFT POWER POINT
Authors
Tita Ratna Wulan Dari , Rita Inderawati , Soni Mirizon , Ismail Petrus , Rita HayatiDOI:
10.29303/jppm.v7i4.8014Published:
2024-11-30Issue:
Vol. 7 No. 4 (2024): NovemberKeywords:
Media Pembelajaran Interaktif (MPI), Microsoft Powerpoint (PPT), OKU SelatanArticles
Downloads
How to Cite
Metrics
Abstract
Media pembelajaran interaktif (MPI) merupakan komponen penting dalam meningkatkan pencapaian siswa sekaligus motivasi mereka. Dalam pembelajaran bahasa Inggris, reading menjadi topik yang cukup sulit untuk dipelajari. Ketersediaan teks yang panjang serta soal yang rumit membutuhkan bantuan media yang cukup efketif dan menarik, maka MPI adalah jawabannya. Untuk mengembangkan MPI, terdapat banyak alat yang bisa digunakan. Pilihan paling lumrah dan efisien adalah Microsoft Powerpoint (PPT). Guru dapat memanfaatkan PPT dalam pengembangan MPI asalkan mengetahui beragam fitur yang dibutuhkan. Di area Sumatera Selatan sendiri, yang mana masih ada wilayah-wilayah terbatas akan koneksi internet, PPT bisa diandalkan dalam hal media pembelajaran. Untuk itu, Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) menjadi target pendampingan tim Pengabdian Kepada Masyarakat FKIP Universitas Sriwijaya. Letaknya yang cukup sulit ditempuh dan sarana internetnya yang kurang stabil dapat dibantu dengan kehadiran MPI berbantuan PPT. Kegiatan dilaksanakan mulai dari September hingga Oktober 2024. Mode luring dan daring menjadi pilihan tim pelaksana. Secara bergantian, anggota tim menyampaikan materi-materi yang telah disusun. Lalu, di minggu ke-empat pendampingan, seluruh peserta diminta untuk mengembangkan MPI mereka sendiri yang nantinya akan digunakan di kelas. Keberhasilan pendampingan diukur melalui pre-test dan postest yang disebar secara digital. 25 orang guru yang berasal dari MGMP Bahasa Inggris OKU Selatan terdaftar sebagai peserta kegiatan ini. Pada akhir program, kedua puluh lima orang peserta ini berhasil mengembangkan media pembelajaran interaktif masing-masing dan mereka juga menunjukkan peningkatan pada beberapa elemen seperti pemahaman konsep MPI (52.6%), pemahaman fitur PPT (57.1%), integrasi audio/video ke dalam slide (71.4%), dan langkah-langkah pembuatan MPI (63.2%).
References
Aulia, A. F., Asbari, M., & Wulandari, S. A. (2024). Kurikukulum Merdeka: Problematik Guru dalam Implementasi Teknologi Informasi pada Proses Pembelajaran. Journal of Information Systems and Management, 3(2), 65–70.
Dari, T. R. W., Sofendi, Wijaya, A., Fifitinova, Eryansyah, Rosmalina, I., & Hayati, R. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbantuan OpenAI: ChatGPT Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama. TAAWUN, 4(2), 401–412. https://doi.org/10.37850/taawun.v4i02.771
Febriani, S., Zakir, S., & Sari, F. (n.d.). Penggunaan Quillbot dan ChatGPT dalam peningkatan pemahaman penulisan artikel mahasiswa Pascasarjana PAI 2023 di UIN Padang. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(3), 272–279.
Gae, N. A., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berorientasi Membaca Pemahaman dengan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 100–108.
Haidan, T., & Rahni, E. (2023). Berteman dengan ChatGPT: Sebuah Transformasi dalam Pendidikan. Edu Publisher.
Harsya, N. H., Claudia, Z., Wulandari, M., Kumala, A. W., & Rismawati, N. S. (2024). Evaluasi Pandangan Mahasiswa UNNES Terhadap Dampak Positif dan Hambatan Penggunaan AI (ChatGPT) dalam Pembelajaran. Jurnal Majemuk, 3(2), 365–374.
Hidayati, S., Putri, N. A., Pebriani, V., Destianingsih, R., & Taufiqurrahman, M. (2024). Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Di MTs Ja-alHaq Kota Bengkulu. Journal of Islamic Education Papua, 1(2), 161–170.
Kemedikbud. (2024). Ruang Kolaborasi Kemdikbud [Merdeka Mengajar]. https://pusatinformasi.kolaborasi.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/5010315079449-Contoh-Bahan-Ajar
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2015). Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan. SDGs Knowledge Hub. https://sdgs.bappenas.go.id/metadata-indikator-sdgs/
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68–75. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri’, 26(1), 21–32.
OpenAI. (2024). OpenAI: ChatGPT. https://openai.com/blog/chatgpt
Puspita, A. M. I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49–54.
Rohmah, S. M., & Musawir. (2024). Analisis Kesiapan Tenaga Pendidik dalam Menghadapi Era Society 5.0 di SMP Al-Muslim Sidoarjo. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 434–447.
Saefuddin, A. M. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 307–315. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i1.885
Salmi, J., & Setiyanti, A. A. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan ChatGPT di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 399–406.
Sastrawati, E., & Novallyan, D. (2017). Pengembangan Media PembelajaranInteraktifBerbasis AndroidUntuk Pemahaman Konsep Trigonometri. Indonesian Journal of Educational Research, 2(2), 72–76.
Setiyanto, S., & Yasin, I. F. (2024). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif di SMA Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang Menggunakan Wordwall. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 308–316.
Setyowati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Matematika di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Jurnal Intersections, 5(2), 26–37.
Tempo. (2023). Education Ministry Talks of Drop in Indonesia’s PISA 2022 Score. Tempo.
Wahyuni, F. P., & Tranggono, D. (2023). Upaya dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Siswa melalui Program Kampus Mengajar 4 di SMP Widya Gama Mojosari. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 125–133.
Widodo, Wahyudin, A., Masrukhi, & Widiyanto. (2023). Tantangan Radikal Berdampak pada Kegagalan Integrasi Teknologi dalam Inovasi Pendidikan. 901–905.
License
Copyright (c) 2024 Tita Ratna Wulan Dari, Rita Inderawati, Soni Mirizon, Ismail Petrus, Rita Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan dan Pengembangan (JPPM) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (JPPM).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).