Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016

Penulis

Sofiana Rahmiatun Hatmawati , Joni Rokhmat , Kosim Kosim

DOI:

10.29303/jpft.v2i1.284

Diterbitkan:

2017-04-22

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2016): Januari

Kata Kunci:

Problem Posing Learning Model, Experiment Method, and Learning Outcomes

Articles

Cara Mengutip

Hatmawati, S. R., Rokhmat, J., & Kosim, K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 2(1), 22–29. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i1.284

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This Classroom action research (CAR) aimed to establish strategy implementation model of problem posing learning with experiment method to increase physics learning outcome on VIII grade of SMPN 19 Mataram school year 2015/2016. This research was conducted two cycles, each consisting of two meeting that includes four phases, plan, action, observation, and reflection. The percentage ofclassical completeness learning outcomes on cognitive domain from the first cycle to the second has increased from 75.00% become 87.50% with the average value for each cycle is 72.66 and 78.28, on affective from the first cycle to the second has increased from 67.97 become 78.12 (good enough to be very good), and psychomotor domain from the first cycle to the second has increased from 12.22 become 15.58 (competent become more competent). It was concluded that to increase learning outcome, strategy implementation model of problem posing learning with experiment method namely: 1) giving the reward in the form of gifts and addition of value to student who are active, orderly, and not create a disturbance during the learning activities, 2) give attention and guidance in the form of an explanation about subject matter and learningactivities to be performed, 3) gives some examples of making the problem and explaining it in detail, and also 4) pointing at random members of each group to the presentation.

Referensi

Collette, A., T. dan Chiappetta, E., L. 1994. Science Instruction in the Middle and Secondary Schools. New York: Macmillan

Sutrisno. 2006. Fisika dan Pembelajarannya. Universitas Pendidikan Indonesia: tidak diterbitkan

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Fakhruddin dan Oktaviani, N. 2009. Hasil Belajar Kognitif Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing pada Materi Pokok Kinematika di Kelas XI IPA MAN I Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains 3 (1): 10-16.

Astra, I. M., Umiatin, dan Jannah, M. 2012. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar fisika dan Karakter Siswa SMA. Jurnal pendidikan Fisika Indonesia, 8: 135-143.

Nurlaila, N, Suparmi, Sunarno, W. 2013. Pembelajaran Fisika dengan PBL Menggunakan Problem Solving Dan Problem Posing Ditinjau dari Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inkuiri ISSN 2 (2): 114-123.

Suryosubroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, S., B. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S., B. dan Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Thobroni, M. dan Mustofa, A. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.