Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Eksperimen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiyantho. A. K. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran. Malang : UMM Press.
Eggen & Kauchak. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta Barat : Indeks
Hasbi. M. A, Kosim, Gunawan. 2015. Pengembangan Alat Peraga Listrik Dinamis (APLD) Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 1(1), 57-67.
Hastuti. A, Sahidu. H, Gunawan, Harjono. A. 2017. Pengaruh Model Problem Based-Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsp dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa. Laboratorium Virtual dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran. Mataram : Arga Puji Press.
Hermansyah, Gunawan, Harjono. A. 2017. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(2), 249-256.
Hussain, Azeem dan Shakoor. 2011. Physics teaching methodes : scientific inquiry vs traditional lecture. International Journal of Humanities and Social Science. 1(19), 267-276.
Istiqamah.N, A. Doyan, Taufik. M. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery dan Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA.2 (1), 17-25.
Jamuri, Kosim, A. Doyan. 2015. Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif STAD Berbasis Multimedia Interaktif Pada Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Termodinamika. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA.1 (1), 123-134.
Kurniawati. I.D, Wartono, Diatoro. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 10, 36-46.
Kurniawan. 2013. Metode Inkuiri Terbimbing dalam Pembuatan Media Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2 (1), 8-11.
Mufiannoor. E, Hidayat. T, Soetjipto. 2016. Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep dengan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 5(2), 934-941.
Nieveen.N. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. Design Approaches and Tools in education and Training. London : Kluwer Academic Publisher.
Octavia. E.N dan Purwantoyo. E. 2016. Efektifitas Pembelajaran Guided Inquiry Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di Kelas VII SMP Negeri 3 Ajibarang. Unnes Journal of Biology Education. 5(1), 38-43.
Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano. 3(1), 59-72.
Sarwi, Sutardi, Prayitno. 2016. Implementation of Guided Inquiry Physics Instruction to Increase an Understanding Concept and to Develop the Students Character Conservation. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 12(1), 1-7
Simbolon.D.H. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Rill dan Laboratorium Virtual terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 21(3), 299-315.
Suhartini.E, Supardi. I, Agustini. R. 2016. Pengembangan Perangkat Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemempuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya . 5 (2), 892-902.
Suranti. N. M.Y, Gunawan, Sahidu. H, Harjono. A. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kreativitas Fisika Siswa. Laboratorium Virtual dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran. Mataram : Arga Puji Press.
Uswatun. D.A dan Rohaeti. E. 2015. Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skills dan Scientific Attitude Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 1(2), 138-152.
Wenning, C.J. 2011. The Levels of Inquiry Model of Science Teaching. Journal of Physics Teacher Education Online. 6
Yulianci. S, Gunawan, A. Doyan. 2017. Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(2), 146-154.
Refbacks
- There are currently no refbacks.