Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Menggunakan Media Simulasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA SMAN 1 Lingsar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017

Penulis

Suci Nujul Hayati , Hikmawati Hikmawati , Wahyudi Wahyudi

DOI:

10.29303/jpft.v3i1.323

Diterbitkan:

2017-06-26

Terbitan:

Vol 3 No 1 (2017): Januari - Juni

Kata Kunci:

Inquiry learning, media simulation, student learning outcomes

Articles

Cara Mengutip

Hayati, S. N., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Menggunakan Media Simulasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA SMAN 1 Lingsar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 3(1), 48–54. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.323

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This study aims to determine the effect of inquiry learning model using simulated media on learning outcomes physics class X SMAN 1 Lingsar Lombok Barat in the academic year 2016/2017. This kind of research is quasi experimental research design posttest control group design. Population of this research is all students in grade X SMAN 1 Lingsar the school year 2016/2017. Sample was taken by purposive sampling technique, in order to obtain class X mathematics and natural sciences 2 consisting of 25 students as an experimental class and class X mathematics and natural sciences 3 consisting of 24 students as the control class. Instruments in the form of multiple choice questions test which refers to the studentsââ¬â¢ cognitive abilities as many as 30 items with due regard to the validity, reliability, power and the level of difficulty depending matter. Based on the results obtained that the average value of 68,4 posttest experimental class and control class 58,75. Data obtained in advance were tested for normality and homogeneity, earned both classed of normally distributed and homogeneous. Research hypotheses were tested using t-test polled variance, obtained tcount and ttable by 2,98 and 2,01 at the 5% significance level. Therefore tcount > ttable then H0 is rejected and Ha accepted. So, it can be concluded that there are significant inqury learning model using simulated media on learning outcomes physics class X SMAN 1 Lingsar Lombok Barat lessons year 2016/2017.à

Referensi

Fahrizal, H. (2005). Media Sebagai Sumber Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Salemba Empat.

Handriani, L. S., Harjono, A., Doyan, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 210-220.

Harjono, A., Jufri, A. W., Arizona, K. (2015). Implementasi Media Tiga Dimensi Kemagnetan Berbasis Inkuiri Melalui Strategi Kooperatif Terhadap Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 15-23.

Herayanti, L, dan Habibi. (2015). Model Pembelajaran Berbasis masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Calon Guru Fisikaââ¬Â. Jurnal pendidikan Fisika dan Teknologi Universitas Mataram, 1(1), 61-66.

Isa, A., Wahyudin, dan Sutikno. (2010). Keefektifan pembelajaran Berbantuan Multimedia menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6: 58-62.

Jufri, W. (2010). Belajar dan Pembelajaran Sains. Mataram: Arga Puji Press.

Kusdiastuti, M., Harjono, A., Sahidu, H., Gunawan. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal pendidikan Fisika dan Teknologi Universitas Mataram, 2(3), 116-122.

Perkins, Katherine. (2006). Phet: Interactive Simulasi for Teaching and Learning Physics. The Physics Teacher, 44(1), 303.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Setyosari, P. (2013). Metode penelitian dan pengembangan. Jakarta: kencana.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wijayatni, P.I., Mosik, Dan Hindarto, N. (2010). ââ¬ÅEksplorasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Cahay dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melaui Pembelajaran Inkuiri Terbimbingââ¬Â. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), Hal 1-5.

Yulian, P.M., Suratno dan Aisyah, I.N. (2015). ââ¬ÂPengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Giuided Inquiry) dengan Menggunakan Metode Eksperimen terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA-Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Maesan Bondowosoââ¬Â. Jurnal Pancaran, 4(2), 163-172.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >> 

Artikel Serupa

<< < 23 24 25 26 27 28 29 30 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.