Inovasi Bahan Ajar Dinamika Gerak dengan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning

Penulis

Siti Halimatul Fatihah , Neng Nenden Mulyaningsih , Irnin Agustina Dwi Astuti

DOI:

10.29303/jpft.v6i2.2064

Diterbitkan:

2020-12-01

Terbitan:

Vol 6 No 2 (2020): Juli-Desember

Kata Kunci:

discovery learning, learning physics, motion material

Articles

Cara Mengutip

Fatihah, S. H., Mulyaningsih, N. N., & Astuti, I. A. D. (2020). Inovasi Bahan Ajar Dinamika Gerak dengan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(2), 175–182. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2064

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Physics learning with discovery learning approach requires students to be active in learning. In th schools in tangerang area, there is no discovery learning module available. the purpose of this research is to develop a physics learning module based on discovery learning on Motion materials. This research method is research & development with ADDIE model (analyze, design, development, implementetion, evaluation), using research instruments in the form of validation sheets. the data analysis technique used is descriptive analysis. The results of the study showed that discovery learning-based physics learning modules are worth testing and implementing to students. This module has characteristics according to discovery learning syntax and user friendly so that students can learn independently.

Referensi

Astuti, I. A. D., Putra, I. Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Developing Practicum Module of Particle Dynamics Based on Scientific Methods to Improve Students' Science Process Skills. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 7(2), 183-196.

Balñm, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students' Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research (EJER), (35), 1-20.

Brigenta, D., Handhika, J., & Sasono, M. (2017). Pengembangan modul berbasis discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III 2017, Madiun, 15 Juli 2017, 167ââ¬â173. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sma Di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 157ââ¬â168. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2040

Haryanti, F., & Saputro, B. A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan FlipBook Maker Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Segitiga. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 147-161.

Hosnan. (2014). Implementasi Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.Bogor: Ghalia Indonesia

Jamilah, Jampel, I. N., & Parmiti, D. P. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Mata Pelajaran IPA Siswa SD No 1 Baktiseraga Kelas IV. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 8 No.(1), 189ââ¬â198.

Kurniati, I. W., Pujiastuti, E., & Kurniasih, A. W. (2017). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Smart Sticker untuk Meningkatkan Disposisi Matematik dan Kemampuan Berpikir Kritis. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 109ââ¬â118. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.5060

Mukarramah, M., Hartini, S., & Salam, A. (2017). Pengembangan Modul Fisika pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis dengan Menggunakan Model Discovery Learning di SMAN 5 Banjarmasin. Jurnal Fisika Flux: Jurnal Ilmiah Fisika FMIPA Univeb xjorsitas Lambung Mangkurat, 13(2), 121-125.

Palupi, A. E. (2013). Pengembangan modul pembelajaran CNC II untuk meningkatkan efektivitas belajar mahasiswa program studi D3 teknik mesin fakultas teknik Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(03), 77-85.

Putri, T. P., Fadiawati, N., & Rudibyani, R. B. (2014). Model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir fleksibel pada materi asam-basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 3(2)

Rahmawati, E., Astuti, I. A. D., & Nurhayati, N. (2020). Development of Physics Learning Module Based on Guided Inquiry with Light Wave Material in Class XI of Senior High School. Bulletin of Educational Science and Technology, 1(1), 1-10.

Uside, O. N., Barchock, K. H., & Abura, O. G. (2013). Effect of discovery method on secondary school studentââ¬â¢s achievement in physics in Kenya. Chuka University Journal, 2(30, 357-359.

Widyastuti, I. N., Wiryokusumo, I., & Sugito. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Dengan Model Dick and Carey Dan Menggunakan Concept Mapping Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1. Sampang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 Jurnal Education And Development, 7(2), 175ââ¬â180.

Yerimadesi, Y., Putra, A., & Ririanti, R. (2017). Efektivitas Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMAN 7 Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1), 17-23.

Biografi Penulis

Siti Halimatul Fatihah, Universitas Indraprasta PGRI

Neng Nenden Mulyaningsih, Universitas Indraprasta PGRI

Irnin Agustina Dwi Astuti, Universitas Indraprasta PGRI

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.