Penerapan Pembelajaran Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika

Muhammad Luqman Hakim Abbas

Abstract

This research is a classroom action research which aims to improve learning outcomes physics class in Madrasah Aliyah Al-Ihsan Kalijaring. The sample used in this research is class XI MIPA totaling 31 people, by applying science technology society learning model.  This study is successful if students achieve learning outcomes classical completeness 85% with the value of each student reach ≥ 75. Based on the evaluation of the obtained value of the average grade in the first cycle of 77.01 with 74.42% classical completeness. In the second cycle learning outcomes of students has increased, with an average grade of 93.02 and classical completeness amounted to 90.46%. Based on the interest questionnaire that has been distributed to students before and after the action, data is obtained that the student's interest has increased. The indicators that showed an increase were the total score obtained before the administration of action was 1842 with an average of 42.84 increasing to 2326 with an average of 54.86. Based on the results of the study it can be concluded that by applying the Jigsaw cooperative learning model can increase interest and learning outcomes in physics class XI MIPA Madrasah Aliyah Al-Ihsan Kalijaring Tembelang Jombang.

 

Keywords

jigsaw; interest in learning; learning outcomes

Full Text:

PDF

References

Abbas, M. L. H. 2016. Pengembangan Instrumen Three Tier Diagnostic Test Miskonsepsi Suhu dan Kalor. Ed-Humanistics, 01, 83–92.

Abbas, M. L. H. 2019a. Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Tadris Fisika Menggunakan Four Tier Diagnostic Test Pada Mata Kuliah Kalkulus II. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 7–16.

Abbas, M. L. H. 2019b. Penerapan Animasi Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Tekanan. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 04(01).

Af’idah, N. 2016. Peningkatan Aktivitas dan Kemampuan Kognitif Mahasiswa Pendidikan IPA Angkatan 2015 Pada Perkuliahan Gelombang-Optik Melalui Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 4(2), 117–132.

Borg, W. R., & Gall, M. D. 1989. Educational Research An introduction. New York: Longman.

Fauzi, A. 2011. Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Kooperatif Model Team Game Tournament(Tgt) Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Sosial Mahasiswa. Jurnal Orbith, 07(3), 413–417.

Irawati, I. 2014. Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Kelas Xii Man 15 Jakarta, (24), 89–93.

Kusdiastuti, M., Harjono, A., Gunawan, & Nisyah, M. 2019. Respon Guru Dan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Fisika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Dipadu Advance Organizer. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 1–13.

Lestari, H., Ayub, S., & Hikmawati, H. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(3), 111.

Munandar, H., Sutrio, S., & Taufik, M. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 111.

Ningsih, D. S. 2014. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Smk Negeri 3 Meulaboh Tahun 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 67–84.

Nopiani, R., Harjono, A., & Hikmawati, H. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma Negeri 1 Lingsar. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 137.

Nurhikmah, Gunawan, & Ayub, S. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulation Based Laboratory (Sbl) Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sman 1 Montong Gading. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 16–22.

Palennari, M. 2011. Potensi Strategi Integrasi Pbl dengan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Biologi Edukasi, 3(2), 1689–1699.

Rochiati Wiriaatmadja. 2019. Metode Penelitian Tindakan Kelas (2 ed.). Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Sasono, M. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Yang Berorientasi pada Keterampilan Komunikasi Ilmiah Mahasiswa dalam Matakuliah Fisika Kuantum. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 2(2), 1689–1699.

Susilawani, S., Doyan, A., & Ayub, S. 2019. Perbedaan Keterampilan Generik Sains Antara Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(1), 16.

Yenni Agustine Shovia Insany. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Fisika SMK. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 7(2), 45–54.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.