Identifikasi Pengetahuan Tradisional Masyarakat Sentani dan Peluangnya untuk Pembelajaran Fisika
DOI:
10.29303/jpft.v1i1.238Diterbitkan:
2017-03-14Terbitan:
Vol 1 No 1 (2015): JanuariKata Kunci:
traditional knowledge, Sentani society, phenomena.Articles
Unduhan
Cara Mengutip
Triwiyono, T., & Adiwikarta, S. (2017). Identifikasi Pengetahuan Tradisional Masyarakat Sentani dan Peluangnya untuk Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 1(1), 77–81. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.238
Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Metrik
Metrik sedang dimuat ...
Abstrak
This research is aimed to investigate, to describe and to elaborate the system of traditional knowledge of Sentani society in Papua. Research method is qualitative. The conduction of the research has been done in forms of interview, field observation, and bibliography study that to spent four months. Respondents were chosen purposively. Some findings on traditional knowledge that related to physics are about ethnophysics, and transportation. The most important finding is that the traditional knowledge has not been able to explain all natural phenomena, moreover scientifically. For example solar-eclipse, lightning as an incredible mystical phenomena.Lisensi
Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).